Keadaan Investasi Properti di Indonesia – Baik atau Tidak Jika Memulai Investasi Properti Sekarang?

By on October 14, 2013 | Artikel ini Sudah di baca 4,177 kali
investasi properti

Keadaan Investasi Properti di Indonesia – Baik atau Tidak Jika Memulai Investasi Properti Sekarang?

Investasi Properti – Krisis keuangan yang tengah melanda negara-negara maju seperti Amerika dan Eropa tidak sedikit juga mempengaruhi keuangan di Tanah Air. Namun, tidak dapat dipungkiri jika pertumbuhan ekonomi yang terjadi di Indonesia sudah cukup berkembang. Bahkan Indonesia sudah masuk kedalam jajaran negara terkaya di dunia dari sektor PDB dengan pertumbuhan ekonomi saat ini yang berada diatas angka 6 persen. Indonesia bukanlah lagi negara yang tertinggal, Tanah Air yang kita cintai ini sudah menjadi negara dengan pendapatan kelas menengah. Ini semua tidak lain dan tidak bukan karena aliran dana investasi, baik investasi dari dalam negri maupun investasi asing.

Sebagai negara dengan aliran investasi terbesar di Asia Tenggara, Indonesia terkenal dengan investasi di sektor properti yang tengah berkembang pesat di Indonesia. Banyak sekali alasan yang dapat menjelaskan keadaan investasi properti di Indonesia yang sedang berkembang pesat sekarang ini. Dalam peningkatan investasi properti yang terjadi di Indonesia saat ini, tidak lain juga merupakan campur tangan dari kebijakan pemerintah. Bahan bakar serta penggerak bisnis investasi properti di Tanah Air adalah kebijakan yang dikeluarkan oleh Bank Indonesia untuk memangkas BI rate atau suku bunga acuan menjadi level paling rendah. Keadaan investasi properti di Indonesia pun akhirnya booming beberapa tahun belakangan ini karena kebijakan tersebut.

Alasan lainnya mengapa keadaan investasi properti di Indonesia semakin menunjukan perkembangan yang baik adalah kebutuhan dan minat masyarakat akan properti yang masih tinggi. Dari sekitar 61 juta keluarga yang tercatat di Indonesia, masih ada 14 juta lainnya yang masih belum mempunyai rumah sendiri. Bahkan tidak hanya untuk masyarakat Tanah Air sendiri, warga asing yang menetap di Indonesia dalam kepentingan belajar dan juga pekerjaan juga pastinya membutuhkan tempat tinggal yang layak. Untuk dapat memenuhi kebutuhan ini dibutuhkan peran dari pemerintah dan semua kalangan, termasuk investor. Perbedaan segmen pasar properti di Indonesia dan luar negeri juga merupakan acuan berkembangnya keadaan investasi properti di Indonesia saat ini. Bayangkan saja, pengembang dan investor tidak bisa berinvestasi ke bisnis properti untuk pasar kelas menengah ke bawah di luar negeri karena bisnis ini adalah bisnis tertutup. Sedangkan di Indonesia, semua segmen untuk bisnis properti terbuka lebar untuk pengembang dan investor.

Dapat disimpulkan jika keadaan investasi properti di Indonesia sedang mengalami pertumbuhan yang menanjak naik. Jadi, haruskah Anda memulai investasi pada segmen properti sekarang ini? Mengapa tidak? Jika Anda memiliki tekad dan juga modal, tidak ada salahnya untuk memanfaatkan momen yang benar-benar menguntungkan ini. Semoga berhasil.