Karakteristik Investasi Reksa Dana

By on October 18, 2016 | Artikel ini Sudah di baca 478 kali

Investasi Reksadana – Karakteristik investasi reksa dana wajib diketahui oleh mereka yang tertarik untuk mulai berinvestasi dengan jenis pengelola produk investasi ini. Sebelum karakteristik investasi reksa dana ini diketahui, terlebih dahulu Anda diwajibkan untuk mengetahui dari tujuan keuangan. Tujuan keuangan perlu diketahui karena salah satu tujuan dari kegiatan investasi adalah untuk tujuan keuangan. Tujuan keuangan ini meliputi berbagai macam keperluan. Biasanya keperluan ini terdiri dari keuangan untuk pendidikan anak, kepentingan dalam membeli rumah, sebagai dana ketika masa pensiun, dan juga untuk kebutuhan lainnya di masa depan. Dan reksa dana mampu memenuhi tujuan investornya dalam memenuhi tujuan keuangannya.

Karakteristik investasi reksa dana yang ada saat ini sifatnya dibagi menjadi dua. Untuk karakteristik investasi reksa dana yang pertama adalah reksa dana terbuka. Investasi ini merupakan jenis investasi reksa dana di mana investasinya dapat dijual kembali kepada perusahaan Manajemen Investasi yang telah menerbitkannya. Dalam menjualnya pun tidak diperlukan untuk melalui mekanisme perdagangan yaitu jual beli di bursa efek. Nilai dari penjualan kembali ini biasanya akan dihargai dengan nilai yang sama dengan nilai aktiva bersihnya. Karakteristik dari investasi reksa dana yang kedua yaitu reksa dana tertutup. Reksa dana jenis ini merupakan jenis dari investasi yang tidak dapat dijual kembali kepada perusahaan Manajemen Investasi yang telah menerbitkannya. Unit penyertaan dari jenis investasi reksa dana dengan karakter tertutup ini hanya bisa dijual kembali kepada investor lain dengan mengikuti mekanisme perdagangan di bursa efek. Nilainya sendiri bisa jadi di atas atau pun di bawah dari nilai aktiva bersihnya.

Dalam menyesuaikan dengan karakter investasi pemodal, reksa dana mengeluarkan empat jenis dana konvensional sebagai sarana membantu orang mencapai tujuan keuangannya. Pertama, yaitui reksa dana saham, lalu ada reksa dana campuran, reksa dana pendapatan tetap, dan reksa dana pasar uang. Sedangkan  untuk reksa dana non konvensional ada yang disebut reksa dana terproteksi. Jenis-jenis dari reksa dana ini dapat dipilih sebagai diversifikasi dengan porsinya yang disesuaikan kembali dengan profil risiko investor.

Pengalaman

Mengetahui reksa dana dan karakternya tentu harus tahu di mana kita bisa mendapatkan penawaran dari produk reksa dana ini. Reksa dana biasanya dijual di bank. Tempat pembelian dari reksa dana akan berpengaruh pada memenuhinya kebutuhan atau tidak reksa dana ini. Pembelian ini khususnya di bank, akan mempengaruhi pada manajer investasi. Kelayakan manajer investasi akan diukur dengan seleksi yang sangat ketat oleh pihak bank. Manajer investasi ini penting karena portofolio reksa dana akan dikelola oleh manajer investasi ini. Manajer investasi selanjutnya akan menjadi gambaran untuk kelangsungan dan keberhasilan di masa depn mendatang. Setiap reputasi atau rekam jejak yang dibuatnya akan berpengaruh. License dan pengalaman dalam industri pasar modal sangat dibutuhkan, apalagi dalam berinvestasi ada faktor lain yang bermain termasuk di dalamnya adalah faktor emosi.

Program Referral
Keuntungan yang Anda akan Peroleh!

* Penghasilan Tanpa Batas
* Bonus Komisi Yang Dibagikan Setiap Bulan
* Jam Kerja Yang Fleksibel
* Dapat Dilakukan Secara Online Maupun Offline
* Anda Akan Mendapat Pelatihan Yang Komprehensif
* Anda Akan Mendapatkan Pengarahan Konsultasi
* Penghasilan anda; Komisi, Bonus Bounty