Karakteristik Investasi Perak Lebih Menarik Dari Emas

By on October 16, 2015 | Artikel ini Sudah di baca 344 kali

Investasi Emas – Lebih untung mana investasi perak atau emas? Bentuk pertanyaan yang satu ini seringkali ditanyakan oleh mereka yang hendak membuka investasi dalam bentuk benda logam mulia. Sebenarnya jika dilihat di lapangan orang-orang lebih banyak menggunakan investasi dengan menggunkan emas jika dibandingkan dengan perak. Hal ini berkaitan dengan harga emas yang mana memiliki nilai jual yang jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan perak.

Namun pada tahun yang lalu seorang analis yang ahli dalam bidang investasi justru lebih merekomendasikan bentuk investasi dalam logam perak dibandingkan dengan emas. Karena menurutnya selain perak memiliki karakter yang sama dengan emas, ia juga dapat dikatakan sebagai bentuk pelindung inflasi dan juga dianggap termasuk bagian dari asset safe haven. Bahkan analis tersebut juga mengungkapkan beberapa bentuk karakteristik dari perak yang menurutnya justru lebih menjanjikan bentuk kenaikan di masa mendatang. Ingin tau karakteristik yang disebutkannya itu? Simaklah penjelasan di bawah ini :

Kebutuhan perak meningkat dalam bidang industri

Perbedaan utama yang muncul dari perak dan juga emas itu terlihat dari bentuk kegunaannya. Emas biasanya digunakan sebagai bentuk logam mulia yang hanya dijadikan sebagai bahan investasi. Sementara untuk logam perak lebih banyak digunakan dalam bidang perindustrian. Terutama untuk industri dari sektor elektronik dan juga fabrikasi, hal ini telihat melalui permintaan dari kedua sektor tersebut yang bahkan pada tahun 2014 lalu juga mengalami bentuk kenaikan hingga mencapai angka 54%. Sedangkan seperti yang masyarakat umumnya ketahui bahwa saat ini aktivitas dari perekonomian global utamanya dalam bidang manufaktur sendiri seperti untuk kepentingan industri elektrik, elektronika, dan jiga bidang kimia diperkirakan akan mengalami bentuk kenaikan setiap tahunnya.

Ketersediaan dari perak yang lebih sedikit jika dibandingkan dengan emas

Secara umum, kandungan perak di dalam bumi memang cukup tinggi dan bahkan dikatakan 17.5 kali lebih tinggi jika dibandingkan dengan emas,namun untuk tingkat ketersediannya itu sendiri, perak saat ini menjadi lebih sedikit bila dibandingkan dengan logam mulia emas. Hal ini berkaitan dengan lebih dari 90% pada produksi perak yang memang ditujukan untuk penggunaan pada konsumsi dari sektor industri. Sehingga penggunaanya pun menjadi lebih banyak jika dibandingkan dengan penggunaan logam emas. Karena itulah untuk saat ini produksi dari tambang perak tidak mampu memenuhi permintaan yang semakin menggunung.

Gold to silver ratio semakin meninggi

Harga emas mengalami perhentian rally dan memang diketahui mulai mengalami penurunan pada tahun 2013,dan hal ini pun terjadi pada harga perak yang mana ikut mengalami penurunan pula. Ketika harga pada logam mulia emas menurun sekitar 31% untuk harga per troy ounce nya mencapai angka US$ 1.873.70, hal ini pun terjadi pada harga perak yang juga mengalami penurunan hingga mencapai angka 58% dengan harga tertinggi yang dimilikinya sekitar US$ 48.58 per troy ounce yang dimiliki olehnya. Gold to silver ratio yang satu ini mengukur bentuk perbandingan ounce perak yang dibutuhkan untuk 1 ounce pada emas yang mana terus mengalami bentuk kenaikan dari nilai rata-rata sebelumnya yang hanya mencapai angka rata-rata 47 ounce kini bisa mencapai sekitar 63 ounce.

Harga saham dari perusahaan bidang tambang perak jauh lebih menarik daripada emas

Setelah beberapa waktu selanjutnya harga emas yang mulai mengalami bentuk kenaikan, tentunya membuat harga saham dari perusahaan tersebut terus meningkat pula. Namun hal ini justru berbeda dengan harga dari saham perak yang mana masih terbilang cukup murah tapi tetap memiliki prospek yang jauh lebih menjanjikan. Karena itulah disebut sebagai harga saham perusahaan yang cukup menarik.

Dari beberapa bentuk karakteristik yang sudah dijelaskan pada bagian di atas tadi, tentunya Anda dapat melihat dengan sendirinya lebih untung mana investasi perak atau emas?