Kabar Gembira Pegadaian Bakal Produksi Emas Seperti Antam

By on May 15, 2013 | Artikel ini Sudah di baca 2,406 kali
Emas murah

Kabar Gembira Pegadaian Bakal Produksi Emas Seperti Antam

Kabar gembira bagi Anda, investor setia emas batangan. Jika selama ini, investor hanya bisa membeli emas batangan produksi PT Aneka Tambang Tbk (Antam), mulai semester II-2013 nanti, investor bisa pula mendapatkan alternatif lain dengan mengoleksi emas batangan produksi PT Pegadaian. Pegadaian akan bekerjasama dengan Perusahaan Umum Percetakan Uang Republik Indonesia (Perum Peruri) untuk sertifikasi produk emas ini.

Jadi, emas produksi Pegadaian kelak tidak memakai sertifikat Antam yang berskala internasional, melainkan sertifikat Peruri yang berskala nasional.  Lantaran perbedaaan penggunaan sertifikat tersebut, maka harga emas produksi Pegadaian akan lebih murah ketimbang produksi Antam.

Yudi Sadono, Divisi Bisnis Gadai Pegadaian masih enggan merinci mengenai harga dan produksi emas Pegadaian itu. Sebab, rencana tersebut masih dimatangkan dan belum ada kesepakatan mengenai harga, serta pecahan emas batangan yang hendak diluncurkan.

Yudi bilang, produk ini sebagai alternatif bagi masyarakat dalam membeli emas batangan. Sebab, masyarakat selama ini, hanya berpatokan pada harga jual emas produksi Antam.

Sekadar info, kemarin, harga emas Antam mencapai Rp 523.000 per gram, turun Rp 2.000 dari hari sebelumnya. Selama tiga hari berturut-turut, harga emas ANTAM terkoreksi. Meski turun, menurut analis, harga emas Antam masih tetap di atas nilai wajar.

Ibrahim, analis senior Harvest International Futures berpendapat, jika harga emas Pegadaian lebih murah dari Antam, maka akan ada persaingan antara keduanya. Masyarakat tentu memilih produk yang lebih murah, namun dengan kualitas yang sama. (Agung Jatmiko, Kontan)