Jenis Investasi Reksadana

By on June 20, 2013 | Artikel ini Sudah di baca 995 kali
investasi reksadana

Jenis Investasi Reksadana

Bagi anda yang hendak berinvestasi di reksadana, maka ada baiknya anda mengetahui secara jelas mengenai apa saja sih jenis-jenis reksadana itu sendiri. Memang apabila kita bahas lebih umum, reksadana itu terbagi dari jenis. yang pertama ada Reksadana terbuka, kemudian ada Reksadana Indeks dan terakhir Reksadana Terproteksi. Nah, untuk lebih jelasnya maka sebaiknya anda simak berikut ini :

Reksadana Terbuka
Jenis reksadana yang ini merupakan investasi reksadana yang bisa di jual maupun beli kapan saja pada hari bursa. Untuk reksadana terbuka sendiri masih dibagi ke dalam beberapa jenis lagi sesuai dengan isi portofolio di dalam isinya. Ada apa saja :

  • Pasar Uang

Reksadana jenis ini mengharuskan jumlah aset yang di investasikan diserahkan minimal 80% ke pasar uang. Upah hasil serta resiko disini bisa dikatakan paling rendah apabila dibandingkan dengan jenis reksadana yang alin. Reksadana jenis ini diperuntukkan khusus anda yang konservatif, maksudnya bagi anda yang ingin mendapatkan profit teratur dengan minimalnya tingkat resiko, serta jangka waktu dalam investasi yang diberikan tidak lebih dari 1 tahun. Nilai aktiva bersih setiap harinya disini per unit selalu berharga Rp. 1000, sedangkan untuk unit penyertaan anda tiap hari akan mengalami perubahan.

  • Obligasi

Jenis reksadana ini mengharuskan jumlah aset minimal 80% dari yang di investasikan ke obligasi, baik itu pemerintah ataupun korporasi. Upah hasil serta resiko disini terbilang lebih tinggi daripada reksadana jenis pasar uang. Obligasi disini diperuntukkan khusus anda yang konservatif, maksudnya bagi anda yang ingin mendapatkan sedikit adanya pertumbuhan pokok dari investasi serta siap menerima kondisi penurunan atas nilai sesaat dari yang telah diinvestasikan. Untuk jangka waktu sendiri hanya 1 hingga 3 tahun saja.

  • Campuran

Reksadana ini memberikan suatu kebebasan bagi anda untuk mengatur baik itu saham, komposisi aset, obligasi ataupun instrumen pada pasar uang. Upah hasil serta resiko disini lebih besar dari obligasi. Untuk reksadana jenis ini diperuntukkan kepada anda yang hendak menginginkan adanya pertumbuhan investasi yang tinggi serta mampu mengatasi terjadinya kondisi fluktuasi dari nilai sebuah investasi. Sebuah investasi yang jangka waktunya mencapai 3 hingga 5 tahun kedepan.

  • Saham

Jenis ini mengharuskan jumlah aset yang diinvestasikan minimal 80% ke saham. Reksadana ini merupakan jenis yang memiliki tingkat resiko paling tinggi, meski demikian juga memiliki pertumbuhan yang tertinggi apabila dibandingkan dengan semuanya. Reksadana ini diperuntukkan khusus untuk investor yang agresif, maksudnya seseorang yang ingin investasinya mendapatkan pertumbuhan yang tinggi serta untuk jangka yang panjang, selain itu juga harus mampu mengatasi adanya kondisi fluktuasi tajam dari nilai yang diinvestasikannya. Disini investasi untuk jangka waktu lama yaitu 5 tahun lebih.

Reksadana Indeks
Jenis Reksadana yang memang dikelola supaya memperoleh profit investasi yang sama dengan indeks yang menjadi acuannya. Baik indeks saham ataupun indeks obligasi. Reksadana ini sebenarnya hampir sama dengan jenis umum reksadana terbuka, yang mana investasinya bisa diperjual belikan kapan saja pada hari bursa. Untuk reksadana jenis ini mengharuskan 80% investasi disesuaikan pada aset yang memang telah menjadi acuan indeks, atau biasa dikenal pengelolaan pasif. Selain itu juga diperuntukkan khusus anda yang berkeinginan dalam investasi yang transparan, serta mempercayakan atas pengelolaan pasif tersebut dapat memberi keuntungan yang maksimal.

Reksadana Terproteksi
Reksadana ini memproteksi investasi pokoknya sebesar 100% ketika jatuh tempo. Untuk jangka waktunya sendiri memang telah ditentukan oleh manajer sebelumnya, akan tetapi bisa dicairkan pada saat sebelum jatuh tempo. Hal ini yang membedakan dengan jenis reksadana yang lainnya. selain itu juga diperuntukkan khusus anda yang ingin mendapatkan upah hasil pada jangka waktu yang tertentu.