Jenis Investasi Reksadana Untuk Keuntungan Maksimal

By on November 27, 2015 | Artikel ini Sudah di baca 271 kali

Investasi Reksadana – Jenis investasi reksadana sangat banyak, investor wajib memahaminya dengan baik. Sehingga bisa lebih selektif, agar bisa berinvestasi dengan nyaman dan aman. Keuntungan maksimal bisa diperoleh, sehingga Anda semakin bersemangat untuk menanamkan uang lebih besar. Apa saja jenis reksadana, yang bisa dijadikan pilihan terbaik bagi Anda?

Beragam jenis reksadana

Sebelum memulai menyalurkan dana investasi di perusahaan manajer investasi reksadana, ada baiknya mengetahui beragam kategori reksadana. Supaya keuntungan yang diperoleh tetap maksimal, tapi tanpa melupakan sisi risiko yang bisa saja terjadi. Apa saja jenis reksadana yang bisa Anda pilih?

  • RDPU atau Reksadana Pasar Uang. Risiko jenis investasi ini terbilang paling rendah. Dikarenakan dana investasi ditempatkan pada pasar uang yang relatif stabil. Sebagai contoh, deposito dan juga surat hutang di bawah satu tahun. Biasanya keuntungan yang ditawarkan juga kecil, hanya berkisar 7 persen dalam setahun. Sehingga produk reksadana ini lebih disukai investor yang menanamkan uangnya dalam jangka pendek. Dengan jangka waktu kurang dari tiga tahun.
  • RDPT atau Reksadana Pendapatan Tetap. Potensi profitnya lebih tinggi daripada model RDPU. Keuntungan yang diberikan berkisar 10 persen setiap tahunnya. Dengan catatan, jangka waktu investasi hanya 3 tahun. Tapi diiringi dengan risiko yang semakin meningkat. Karena biasanya investasi ditanamkan pada SUN (Surat Utang Negara) obligasi swasta atau pemerintah.
  • RDC atau Reksadana Campuran. Dana investasi akan ditanam pada obligasi dan saham. Hal ini kenapa, model reksadana ini dikatakan campuran. Pada umumnya, jenis reksadana ini dimanfaatkan oleh investor yang ingin bermain saham, tetapi tidak berani dengan fluktuasi harga saham. Jadi disarankan mengikuti jenis reksadana ini, sebagai investasi jangka menengah. Dengan jangka waktu berkisar 3 hingga 5 tahun. Keuntungan yang ditawarkan sangat tinggi, dapat mencapai 20 persen. Tapi Anda harus berinvestasi dalam jangka waktu hingga 10 tahun lebih.
  • RDS atau Reksadana Saham. Keuntungan dari jenis reksadana ini paling besar. Potensi profit melebihi angka 20 persen dalam setahun. Tetapi investor harus mengambil jangka waktu investasi lebih dari 10 tahun. Memang risikonya juga lebih besar, karena tergantung dari fluktuasi nilai saham. Kalau Anda berani dengan risikonya dan optimis bisa memperoleh profit besar, produk reksadana ini layak menjadi pilihan. Meskipun RDS ditanamkan pada saham, tetapi risikonya lebih rendah daripada membeli saham perusahaan secara langsung. Karena uang investor diinvestasikan ke lebih banyak perusahaan.

Penting untuk diketahui

Dari berbagai pilihan produk reksadana tersebut, bank syariah juga memberikan penawaran jenis reksadana syariah. Jadi segala instrumen investasi akan disesuaikan dengan ketentuan syariat Islam. Anda bisa mencermati segala kebijakannya, agar tetap mendulang keuntungan menggiurkan. Apa saja yang harus dipahami, sebelum berinvestasi reksadana?

  • Lebih dianjurkan untuk berinvestasi reksadana dengan minimal waktu 3 tahun. Sehingga imbal baliknya lebih tinggi. Kalau memang memerlukan dana segar, dalam tempo satu tahun, ada baiknya memilih deposito atau reksadana pendapatan tetap.
  • Jangan lupa menanyakan berbagai biaya yang dibebankan pada investor, terhadap produk reksadana yang akan dibeli. Besaran biaya berbeda-beda, mulai dari 0 hingga 2 persen.
  • Sebagian besar bank adalah agen reksadana. Tapi perlu diingat, kalau tidak seluruh produk reksadana disediakan oleh bank. Ketahui semua produknya dan bank yang menawarkan produk tersebut.
  • Penting untuk memahami potensi keuntungan dan kerugian dari beragam  jenis investasi reksadana.

Incoming search terms:

Program Referral
Keuntungan yang Anda akan Peroleh!

* Penghasilan Tanpa Batas
* Bonus Komisi Yang Dibagikan Setiap Bulan
* Jam Kerja Yang Fleksibel
* Dapat Dilakukan Secara Online Maupun Offline
* Anda Akan Mendapat Pelatihan Yang Komprehensif
* Anda Akan Mendapatkan Pengarahan Konsultasi
* Penghasilan anda; Komisi, Bonus Bounty