Jenis Instrumen Investasi Properti Bagi Pemula

By on September 24, 2013 | Artikel ini Sudah di baca 2,444 kali
Ilustrasi Properti

Jenis Instrumen Investasi Properti Bagi Pemula

Investasi Properti – Jika Anda tidak mempunyai banyak waktu untuk bekerja sampingan, nampaknya investasi adalah cara lainnya untuk mendapatkan penghasilan tambahan selain gaji bulanan Anda. Banyak sekali ragam investasi yang bisa Anda lakukan, seperti obligasi, emas, saham, bahkan properti. Investasi properti nampaknya pilihan yang tepat untuk pemula yang buta akan obligasi dan saham seperti Anda. Menjalani investasi properti tidak perlu melibatkan perusahaan sekuritas dan misteri pasar modal. Intinya, investasi properti bagi pemula ini memiliki resiko yang tidak terlalu tinggi karena membutuhkan dua pihak utama, yaitu pemiliki dan pembeli/penyewa.

Namun banyak hal yang harus dipertimbangkan dahulu sebagai investor pemula. Jika tidak begitu, makan investasi yang Anda jalani bisa tidak berjalan atau bahkan runtuh begitu saja. Untuk itu, berikut ini ada beberapa jenis investasi properti bagi pemula yang dapat Anda pahami dan kemudian Anda praktekan.

1. Residensial

Ketika Anda memutuskan untuk berinvestasi properti, jenis residensial lah yang paling mudah dimengerti. Residensial sendiri berarti properti yang dihuni oleh penduduk seperti rumah, rumah susun, atau apartemen. Dengan jumlah imbal hasil yang lumayan besar, investasi properti bagi pemula ini mudah untuk dilakukan. Properti yang sudah Anda miliki dapat Anda renovasi, kemudian tentukan harga jual atau harga sewa yang sesuai. Properti residensial ini nantinya dapat Anda jual atau Anda sewakan.

2. Industri

Tips investasi properti bagi pemula yang menginginkan investasi dalam jangka waktu yang lama adalah mencoba peruntungan dalam properti di kawan industri seperti tempat parkir dan kawasan pergudangan. Daripada menjual properti ini, sebaiknya Anda menyewakannya.

3. Pertokoan

Investasi dalam properti pertokoan dapat dibilang sangat menggiurkan. Contoh properti pertokoan adalah ruko, toko klontong, atau toko yang beryempat di mal. Dewasanya properti-properti ini nantinya akan disewakan. Keuntungan yang didapat dari penyewa akan dibagi kepada pemiliki sesuai dengan kesepakatan yang Anda atur. Dana yang Anda dapatkan bisa Anda putar lagi untuk menambah investasi Anda di properti yang lainnya.

4. Perkantoran

Untuk dapat melakukan investasi properti bagi pemula berikut ini, nampaknya Anda membutuhkan dana yang lumayan besar. Dibandingkan dengan properti biasa, properti untuk kantor harus memiliki fasilitas yang mendukung.

5. Properti Multi Guna

Yang dimaksud dari properti multi guna ini adalah bangunan yang dapat digunakan untuk residensial, industri, perkantoran, atau pertokoan sekaligus. Biasanya dibutuhkan gedung yang lumayan besar dan renovasi yang sesuai dengan kategori yang dipilih oleh penyewa/pembeli.

Pilihlah investasi properti bagi pemula yang benar-benar Anda kuasai dan sesuai dengan dana yang Anda miliki. Cermatilah waktu yang tepat untuk berinvestasi, dimana siklus investasi yang Anda minati sedang berada pada keadaan stabil, menurun, atau malah meningkat.  Jadi, kuasailah jenis investasi properti bagi pemula yang menarik minat Anda sebelum Anda mulai untuk mencoba terjun ke dalamnya.