Jenis Emas Terbaik Untuk Instrumen Investasi

By on June 7, 2017 | Artikel ini Sudah di baca 461 kali

Investasi Emas – Dewasa ini paling tidak ada tiga jenis emas yang bisa digunakan untuk investasi. Tiap jenis tersebut mempunyai kelebihan dan kekurangan sendiri. Dalam kerangka investasi, pastilah kita akan memilih jenis emas yang dapat memberikan return terbesar.

1. Emas dalam bentuk koin

Berbeda dengan emas perhiasan, jenis emas berbentuk koin memang sengaja diciptakan demi kepentingan emas simpanan. Koin emas sering disimpan sebagai barang koleksi. Tak heran, untuk koin yang bersifat langka membuat nilainya dapat menjadi sangat mahal jauh melebihi nilai emas yang terkandung didalam koin itu sendiri.

Ada beragam koin emas yang beredar di negara kita. Yang paling banyak diperjualbelikan adalah koin seri dinar, seri shio, dan juga jenis emas polos. Produsen terbesar koin emas di indonesia adalah PT Aneka Tambang unit Bisnis logam mulia. Sedang ukuran koin emas yang terkecil adalah 1 gram dan terbesar adalah 10 gram.

Walaupun jenis emas berbentuk koin ini bagus untuk dipergunakan sebagai alat investasi, namun masih ada dua alasan yang menjadikannya kurang kompetitif. Pertama, koin semacam ini di Indonesia masih dinilai sebagai barang perhiasan, sehingga untuk memasarkannya masih terkena PPN sebesar 10%. Kedua, Biaya pencetakan koin emas berkisar antara 3%-5% dari nilai emas. Oleh karena itu, harga pembelian jenis emas koin ini masih lebih mahal daripada dengan harga emasnya itu sendiri.

2. Emas untuk perhiasan

Perhiasan adalah jenis emas yang paling populer dan lazim diperjualbelikan di tengah masyarakat. Emas dalam bentuk perhiasan bisa dikenakan sehari-hari sebagai aksesoris kecantikan. Namun jenis emas ini tidak dianjurkan dipergunakan sebagai alat investasi. Hal ini karena ketika kita membeli perhiasan, terdapat komponen tambahan yang harus dibayar berupa tarif pembuatan perhiasan emas itu sendiri yang harganya bias membengkak. Sementara ketika perhiasan tersebut dijual kembali, yang dinilai hanya beratnya saja.

3. Emas batangan

Jenis emas batangan memiliki berat bervariasi antara 1 gr hingga 1 kg. Umumnya emas batangan ini merupakan emas murni dengan kadar mencapai 24 karat. Untuk tujuan investasi, disarankan memilih emas batangan 24 karat dengan tingkat kemurnian 99,99 %., emas jenis ini di Indonesia dapat dibeli di PT. Aneka tambang.

PT. Aneka tambang memproduksi emas batangan dalam berbagai ukuran, mulai dari 1 gr, 2.5 gr, 5 gr, dan seterusnya hingga 1 kg. PT. Aneka Tambang memproduksi emas batangan disertai sertifikat resmi yang menjamin keaslian dan kadar emas.

Pemerintah tidak mengenakan pajak PPN atas pembelian emas batangan, karena jenis emas batangan ini dianggap hanya sebagai bahan baku yang dipakai dalam industri perhiasan dan sebagainya. Oleh sebab itu untuk berat yang sama, harga beli emas batangan dapat menjadi lebih murah jika dibandingkan dengan koin emas atau perhiasan emas..

Kesimpulannya, emas batangan merupakan jenis emas yang paling tepat untuk digunakan sebagai perangkat investasi, sebab kita tidak harus repot-repot mengeluarkan biaya tambahan untuk membayar PPN atau biaya disain/pembuatan.

Incoming search terms: