Jenis Dalam Anggaran Untuk Melahirkan

By on January 11, 2016 | Artikel ini Sudah di baca 362 kali

Perencanaan Keuangan – Apa saja anggaran untuk melahirkan? Menjadi pertanyaan besar saat akan memiliki anak. Memiliki anak adalah impian dari tiap pasangan. Tapi sebelum memiliki anak sebenarnya ada banyak hal yang harus menjadi pertimbangan dari pasangan suami istri apalagi saat istri mulai hamil. Selain diperlukan fisik yang kuat untuk merawat bayi nantinya. Anda juga memerlukan banyak biaya untuk mencukupi semua keperluan dari anak. Nah untuk itu semua pastinya anda memerlukan banyak sekali anggaran. Untuk memudahkan anda berikut ini adalah beberapa anggaran yang harus anda siapkan untuk melahirkan.

Saat Sebelum Melahirkan

Saat sebelum melahirkan ada banyak persiapan yang harus anda lakukan diantaranya adalah :

  • Biaya Yang pasti : biaya ini biasanya adalah biaya untuk pemeriksaan kandungan tiap bulannya, biaya USG Janin, Vitamin dan nutrisi yang ibu butuhkan selama masa kehamilan. Selain itu masuk juga biaya untuk mmebeli baju hamil karena saat hamil tentu saja anda memerlukan pakaian yang nyaman
  • Biaya Yang Tak terduga ; biasanya ini biasanya adalah biaya untuk kegiatan dalam senam hamil atau yoga hamil yang biasanya dikeluarkan dengan jumlah yang tidak sedikit. Membeli perlengkapan bayi. Untuk menghematnya anda bisa menundanya dengan menggunakan uang ini untuk kebutuhan yang anggap lebih penting. Anda juga tak perlu banyak membeli perlengkapan bayi karena biasanya sanak dan keluarga akan memberikan ini sebagai kado dari kelahiran bati. Sehingga ada baiknya untuk tidak menjadikan ini sebagai prioritas utama. Selain itu biaya tak terduga juga meliputi barang atau makanan keinginan ibu saat mengalami ngidam.

Saat Melahirkan

Untuk anggaran melahirkan biasanya sangat bervariasi. Hal ini biasanya juga tergantung dengan lama anda berada di ruang inap, metode dalam melahirkan dan perawatan untuk bayi saat berada di rumah sakit. Tapi ada beberapa daftar yang bisa anda hitung sejak sekarang sehingga bisa membuat perkiraan biaya yang akan dikeluarkan. Beberapa biaya ini terdiri dari:

  • Ruang inap untuk ibu yang sudah melahirkan
  • Ruang rawat inap untuk bayi yang baru dilahirkan
  • Biaya untuk persalinan
  • Biaya untuk Vacuum dan lainnya

Jika anda ingin mendapatkan tarif yang lebih murah maka bisa melahirkan dengan jasa dari bidan. Biasanya bidan juga menawarkan untuk jasa melahirkan dirumah sehingga anda bisa lebih nyaman saat akan melahirkan. Sebagai catatan untuk biaya persalian dengan menggunakan jasa bidan sebaiknya diakukan jika kesehatan dari ibu dalam konsisi baik. Tapi jika ada masalah harus segera dirujuk ke rumah sakit.

Sebenarnya rumah sakit juga banyak menyediakan paket melahirkan dengan biaya yang jauh lebih murah. Dan biasanya biaya ini sudah termasuk dalam biaya untuk metode melahirkan untuk rawat inap bayi dan ibu. Menggunakan paket dalam proses melahirkan dirasa jauh lebih murah jika dibandingkan dengan reguler. Untuk penghitungan anggaran dalam melahirkan anda bisa juga menggunakan kartu asuransi. Karena biasanya beberapa asuransi memberikan penawaran untuk meringkan biaya saat persalinan.

Saat Setelah Melahirkan

Setelah persalinan biasanya biayanya akan makin bertambah. Ibu wajib untuk memenuhi kebutuhan dengan meminum susu formula, biaya pengasuh dan beberapa biaya tambahan lainnya. Jika ibu adalah ibu rumah tangga mungkin tidak butuh jasa pengasuh tapi sangat diperlukan untuk mereka ibu yang bekerja. Anda bisa mengatasi masalah ini dengan meminta bantuan dari sanak dan keluarga. Mereka pasti akan sangat senang dan ini tentu saja akan menghemat biaya pengeluaran anda setelah melahirkan.

Jika anda bertanya apa saja anggaran untuk melahirkan? Itulah beberapa anggaran dari banyak sekali anggaran yang harus anda perhatikan disaat akan memiliki anak.