Jelang Kesaksian Bernanke, Wall Street Menguat

By on May 22, 2013 | Artikel ini Sudah di baca 2,338 kali

Jelang Kesaksian Bernanke, Wall Street Menguat

Saham-saham di Wall Street ditutup lebih tinggi pada Selasa (Rabu pagi WIB) setelah laporan laba kuat dari Home Depot dan pasar mengantisipasi kesaksian Ketua Federal Reserve Ben Bernanke di Kongres pada Rabu.

Indeks Dow Jones Industrial Average ditutup naik 52,30 poin (0,34 persen) menjadi 15.387,58.

Indeks berbasis luas S&P 500 bertambah 2,87 poin (0,17 persen) pada 1.669,16, sementara indeks komposit teknologi Nasdaq naik 5,69 poin (0,16 persen) menjadi 3.502,12.

Keterangan Bernanke pada Rabu waktu setempat akan dipantau untuk tanda-tanda bahwa Fed mungkin siap mengubah kebijakan pelonggaran kuantitatif (QE), atau kapan dan bagaimana bank sentral akan mengurangi pembelian obligasi agresifnya.

Chris Low dari FTN Financial memperkirakan “status quo” terbaru.

“Saya pikir dia akan menyatakan bahwa QE adalah kebijakan yang efektif, tetapi saya tidak berpikir ia akan menjelaskan tentang hal apa yang akan terjadi selanjutnya dengan QE, apakah mereka akan membuatnya lebih besar atau lebih kecil,” kata Low.

Perusahaan farmasi Merck memimpin kenaikan Dow dengan menguat 4,7 persen pada volume besar, tanpa alasan yang jelas di balik itu.

Home Depot naik 2,5 persen menjadi 78,71 dolar AS setelah laba kuartal pertamanya mencapai 83 sen per saham, dibandingkan dengan ekspektasi 77 sen. Perusahaan meningkatkan prediksi laba setahun penuh, mengutip pemulihan sektor perumahan.

Apple kehilangan 0,7 persen karena kepala eksekutifnya, Tim Cook, ditanyai Kongres tentang penggunaan celah di luar negeri oleh perusahaan untuk menghindari membayar pajak atas keuntungan puluhan miliaran dolarnya.

Pengecer mewah Saks naik 11,3 persen setelah melaporkan pertumbuhan penjualan kuat 5,9 persen untuk kuartal pertama, dengan mudah mengalahkan perkiraan 2,2 persen.

JPMorgan Chase naik 1,4 persen setelah kepala eksekutif Jamie Dimon kembali mengalahkan tantangan pemegang saham untuk mempertahankan pos ketuanya segera setelah kerugian perdagangan London Whale.

Perusahaan kapal pesiar Carnival Corp. turun 4,3 persen setelah memangkas perkiraan laba karena peningkatan pembatalan perjalanan dan peningkatan biaya penjualan dan administrasi.

Harga obligasi naik. Imbal hasil pada obligasi pemerintah AS 10-tahun turun 1,94 persen dari 1,96 persen pada Senin, sementara pada obligasi 30-tahun turun tipis menjadi 3,15 persen dari 3,17 persen. Harga obligasi bergerak terbalik terhadap imbal hasil.

(Tasrief Tarmizi, Antara News)