Jangan Sampai Tertipu Dalam Berinvestasi Emas

By on June 24, 2013 | Artikel ini Sudah di baca 2,902 kali
Penipuan Investasi Emas

Jangan Sampai Tertipu Dalam Berinvestasi Emas

Investasi emas memang telah dikenal sejak jaman dulu hingga saat ini, terlebih lagi banyak orang yang menginginkan logam mulia ini untuk dijadikan sebuah aset investasi untuk mendapatkan keuntungan dikemudian hari. Logam mulia memang masih menjadi dambaan hampir semua orang sehingga banyak yang berkeinginan untuk membelinya baik itu untuk emas perhiasan, untuk investasi atau bahkan untuk kekayaan. Ketertarikan masyaratkan akan semakin naiknya harga emas dari tahun ke tahun membuatnya diburu oleh para investor untuk mendapat keuntungan, namun dilain sisi banyak juga oknum yang berlaku curang dalam memperjual belikan emas tersebut. Ada yang dalam menjual emas tidak sesuai dengan kadarnya, bahkan tak jarang mereka melakukan tindakan pemalsuan emas yang dijual. Dengan semakin tingginya nilai emas tiap tahun inilah yang menjadi faktor penyebab utama terjadi tindakan kecurangan terhadap aktivitas jual beli emas tersebut. Sehingga hal ini jelas dapat merugikan banyak pihak khususnya sebagai seorang investor emas.

Apabila disini anda seorang yang masih awam mengenai seluk beluk berinvestasi emas, maka pada kesempatan ini akan kami coba informasikan sedikit mengenai emas. Selain itu akan kami jelaskan pula bagaimana mengetahui emas itu asli atau bukan. Langsung saja ini ada beberapa langkah yang perlu anda simak baik-baik untuk memastikan keaslian suatu emas dalam bentuk batangan.

1. Anda lakukan pengecekan mengenai keaslian dari sertifikat emas tersebut. Caranya :

    • Dalam sebuah sertifikat emas yang asli, biasanya apabila diterawang dengan menggunakan lampu yang terang maka akan nampak huruf C yang terkait dalam sertifikat tersebut, selain itu juga akan terlihat logo dari produsen yang membuatnya.
    • Bisa juga anda terawang dengan menggunakan lampu UV , maka anda akan melihat 3 tanda yaitu pada tulisannya terdapat blok warna ungu, dan begitupun pada logonya.

2. Biasanya dalam sertifikat yang terdapat logo LBMA, KAN maupun no seri, maka nomor seri tersebut akan selalu cocok dengan yang terdapat pada logam mulia ini. Hal ini juga yang menjadi identitas dari emas yang asli.

3. Anda juga bisa menggosoknya dengan kuat menggunakan jari tangan anda, apabila permukaan emas yang digosok tadi menjadi hitam maka bisa jadi itu adalah emas palsu.

4. Lakukan penimbangan menggunakan tangan, Sebab berat dari emas itu biasanya tinggi. Jadi walaupun emas tersebut terbilang kecil namun barangnya akan terasa lebih berat.

Setelah anda melakukan hal tersebut dan anda masih ragu, maka ada baiknya anda coba ujikan dengan menggunakan uji digital yang dapat kita temui di toko emas. Dengan demikian anda pun bisa mengetahui secara pasti mengenai emas tersebut asli atau bukan.

Untuk barang berharga khususnya logam mulia memang di inginkan semua orang, sebab selain mempunyai nilai jual yang tinggi dan juga harganya naik tiap tahunnya. Dengan demikian banyak sekali yang memilih emas sebagai aset investasinya, dan tentunya jumlahnya semakin terus meningkat. Banyaknya permintaan emas dipasaran dapat digunakan sebagai bukti bahwa emas memang sedang naik daun. Apabila anda tidak ingin tertipu dengan pembelian emas palsu maka cara aman yang harus anda lakukan adalah dengan membelinya ke tempat produksi langsung ataupun melalui institusi seperti PT Antam. Bisa juga anda melakukan pembelian emas di toko perhiasan namun harus anda pastikan bahwa toko tersebut mempunyai reputasi yang dapat dipercaya.