Jangan Melakukan 5 Hal Ini Saat Bisnis Baru Mulai

By on July 6, 2015 | Artikel ini Sudah di baca 330 kali

Start-Up Bisnis – Saat mulai merintis bisnis, tentu Anda sangat bersemangat. Banyak sekali hal-hal yang ingin Anda lakukan terkait dengan bisnis Anda tersebut. Tentu saja, Anda juga berharap banyak dari bisnis yang baru saja Anda jalankan tersebut. Namun, ada beberapa hal yang sebaiknya tidak Anda lakukan saat baru saja memulai bisnis.

Mengharapkan keuntungan besar dari bisnis yang baru saja dibuka

Berbisnis memang bertujuan untuk mencari keuntungan, namun jangan berharap keuntungan yang besar saat pertama kali bisnis Anda dibuka. Semuanya membutuhkan proses, namun jika Anda menjalankan bisnis yang Anda rintis ini secara konsisten, Anda akan mendapatkan keuntungan lebih dari apa yang Anda bayangkan sebelumnya.
Intinya, Anda harus sabar dan terus belajar khususnya belajar pengelolaan keuangan dalam bisnis. Jika pengelolaan keuangan Anda baik dan bisnis Anda dalam keadaan sehat, maka bukan tidak mungkin Anda akan mendapatkan keuntungan yang besar.

Menjual produk Anda kepada semua orang

Saat memulai bisnis, Anda cenderung ingin semua orang membeli produk Anda. Bahkan, terkadang Anda seolah memaksa mereka untuk membeli produk tersebut. Berpromosi memang boleh saja dilakukan bahkan wajib dilakukan oleh seorang pebisnis.

Namun, ada baiknya menentukan target market Anda. Untuk menentukan target market, Anda harus membuat daftar terlebih dahulu. Contohnya, Anda harus membuat daftar mengenai umur pembeli, pekerjaan pembeli, gender pembeli, hingga kondisi keuangan pembeli Anda.

Daftar ini akan memudahkan Anda untuk berpromosi secara efektif. Jika dilakukan secara efektif, maka promosi tersebut akan menghasilkan sesuatu yang sesuai dengan tujuan atau target Anda. Bisa jadi, Anda berpromosi secara random namun tidak mendapatkan hasil yang maksimal. Cobalah membuat daftar target market kemudian mulailah menawarkan produk tersebut kepada mereka.

Terlalu menyesal saat melakukan kesalahan

Melakukan kesalahan saat memulai bisnis adalah hal yang sangat wajar. Bahkan, pebisnis sukses pun masih sering melakukan kesalahan dalam menjalankan bisnis mereka. Yang membuat berbeda adalah pebisnis sukses tidak terlalu berlarut-larut saat menghadapi kesalahan mereka.

Alih-alih berlarut-larut menyesali kesalahan mereka, pebisnis justru fokus pada penyelesaian masalah tersebut. Dengan menyelesaikan masalah tersebut bisnis mereka justru berkembang dan lebih baik dari sebelumnya.

Langsung menyerahkan bisnis ke orang lain

Hanya karena Anda bercita-cita ingin membuka lapangan pekerjaan, Anda langsung memberikan bisnis Anda tersebut kepada orang lain. Parahnya lagi, Anda merasa puas dan akhirnya jarang sekali melakukan pemeriksaan terhadap bisnis Anda tersebut.

Setelah beberapa bulan, Anda baru sadar bahwa bisnis Anda sedang dalam masalah. Karena Anda tidak terbiasa mengatur bisnis tersebut, maka masalah semakin berlarut-larut. Ada baiknya untuk mengatur bisnis Anda secara mandiri terlebih dahulu.

Setidaknya, Anda tahu apa-apa saja yang harus Anda lakukan dan apa yang tidak boleh Anda lakukan. Jika bisnis sudah mulai stabil, barulah Anda bisa memikirkan untuk mencari karyawan. Selain itu, Anda juga harus memastikan bahwa karyawan tersebut bisa dipercaya dan bisa membantu Anda dengan baik.

Mengeluarkan dana terlalu besar

Hal ini juga merupakan sesuatu yang harus Anda hindari saat memulai bisnis. Mengeluarkan biaya memang diharuskan namun jangan sampai melebihi modal yang Anda punya. Semua pengeluaran harus berada dalam kontrol.

Jangan pula beranggapan bahwa dengan mengeluarkan dana besar maka kualitas bisnis Anda akan langsung baik. Atur dengan baik dana untuk belanja dan dana yang harus disimpan untuk kebutuhan darurat.

Kesimpulannya, belajarlah dari kesalahan Anda saat menjalankan bisnis. Gunakan informasi ini untuk membatasi aktivitas bisnis Anda khususnya saat bisnis tersebut baru saja Anda mulai.