Jakarta Pusat Dominasi Pasokan Apartemen

By on April 10, 2013 | Artikel ini Sudah di baca 1,664 kali

Jakarta Pusat Dominasi Pasokan Apartemen

Pasokan apartemen strata title di Jakarta terus bertambah tahun ini. Konsultan properti Colliers International mencatat, sepanjang kuartal pertama, sudah ada lima apartemen yang baru beroperasi meliputi 3.979 unit. Dus, pasokan kumulatif apartemen menjadi 121.255 unit per akhir kuartal I 2013.

Berdasarkan lokasi, pasokan apartemen baru didominasi Jakarta Pusat sebanyak 60%. Pasokan ini berasal dari The Royal Springhill (menara Marygold dan Magnolia) dan The Green Pramuka (menara Faggio dan Pino). Kemudian disusul Jakarta Selatan dan Jakarta Utara, masing-masing 22% dan 18% total pasokan. Di Selatan Jakarta ada Green Palace Apartment (menara S) dan The Residences at Dharmawangsa 2, sementara di utara hanya ada Green Lake Sunter (menara South).

Selama kuartal pertama, juga ada empat apartemen yang baru dirilis di pasar. Lokasinya masih didominasi Jakarta Pusat melalui dua apartemen The Green Pramuka (menara Orchid) dan The Capitol Park Salemba (Menara Saphire dan Emerald). Dua apartemen lain adalah Gallery West di Jakarta Barat dan Bassura City (menara Dahlia) di Jakarta Timur. “Keempat apartemen anyar ini akan memasuki pasar dalam dua atau tiga tahun lagi,” terang Ferry Salanto, Associate Director Research Colliers International dalam laporan “Jakarta Real Estate”, Selasa (9/4).

Potensi apartemen di Jakarta Pusat diamini manajemen The green Pramuka, apartemen yang dikembangkan PT Duta Paramindo Sejahtera. “Hanya butuh waktu kurang dari setahun untuk menjual habis unit setiap menara,” ujar CY Andreas, Manajer Pemasaran The Green Pramuka.

The Green Pramuka menempati lahan seluas 12,9 ha di Jl Ahmad Yani yang nanti akan berdiri belasan menara. Menara keenam, yaitu Penelope, akan meluncur akhir April ini dengan harga jual mulai Rp 250 juta per unit. Selisih harga dengan unti sebelumnya berkisar antara 10%-20%.

Andreas bilang, apartemen di Jakarta Pusat yang paling laku adalah apartemen kelas menengah. Sebab, karakteristik pembelinya lebih banyak end user ketimbang investor.

Khusus Jakarta Pusat, Colliers menyorot dua wilayah dimana pengembangan apartemen diprediksi bakal makin pesat dua tahun hingga tiga tahun mendatang, yaitu Kemayoran dan Cempaka Putih. Buktinya, saat ini, tiga apartemen tengah dibangun di Kemayoran. Salah satunya adalah proyek yang sempat mangkrak saat krisis ekonomi 1998. (Adisti Dinni Indreswari, Kontan)