Investor Fokus pada Pertemuan The Fed yang Membuat Harga Emas Turun

By on June 18, 2013 | Artikel ini Sudah di baca 3,145 kali
Emas Turun

Investor Fokus pada Pertemuan The Fed yang Membuat Harga Emas Turun

Harga emas pada perdagangan hari ini merosot 0,5% imbas dari penurunan reli pembelian Wall Street pada komoditas emas. Para investor masih menunggu rencana Pertemuan Federal Reserve Amerika Serikat (AS) pada pekan ini.

Pertemuan ini menjadi sinyal Bank Sentral untuk membuat rencana baru perihal stimulus moneter. Harga emas Comex untuk pengiriman Agustus turun US$ 4,50 menjadi US$ 1.383,10 per ounce.

“Dengan sedikit pilihan yang jelas tersisa untuk pertumbuhan moneter, ekuitas AS terus menunjukkan ketahanan. Hal ini telah membuat permintaan fisik di pasar logam mulia Spectron, mengutip Reuters, Selasa (18/6/2013).

Perkiraan penjualan ritel AS dan spekulasi data pekerjaan yang lebih baik, baru-baru ini telah memicu prediksi the Fed akan mengumumkan penurunan buyback obligasi mortgage senilai US$ 85 miliar pada akhir pertemuan yang rencananya berlangsung pada Rabu 19 Juni nanti.

Indeks saham S & P 500 dipangkas keuntungan awal yang lebih tinggi pada harapan pedagang jika the Fed akan memperkuat komitmen untuk mendukung pemulihan ekonomi.

Pasar telah stabil sejak Ketua the Fed Ben Bernanke mengatakan bulan lalu bank bisa kembali pada langkah-langkah stimulus. Sejak itu, para pejabat Fed telah memberikan sinyal yang saling bertentangan.

Di pasar fisik, permintaan emas di Asia telah melemah dari puncak tingkat yang terlihat setelah aksi jual pertengahan April lalu. Bullion emas turun 17% untuk year to date setelah 12 tahun meraup keuntungan tahunan. (Nurmayanti, Liputan6 News)