Investasi Saham Dan Properti, Mana Yang Lebih Menguntungkan?

By on December 7, 2015 | Artikel ini Sudah di baca 305 kali

Investasi Saham – Pilih investasi saham atau properti? Karena keduanya merupakan jenis investasi yang paling banyak peminatnya khususnya di Indonesia. Investasi kini sudah tidak lagi didominasi oleh perusahaan atau pebisnis kelas atas dengan modal yang besar. Sudah banyak masyarakat biasa yang sadar akan pentingnya melakukan investasi dan semakin banyak yang melek akan keuntungan investasi untuk finansial. Jika ditanya mau pilih investasi saham atau properti tentu jawabannya tergantung kepada kemampuan dan kondisi Anda. Dari segi waktu, investasi saham bisa dilakukan untuk jangka panjang dan jangka pendek. Sedangkan investasi properti lebih kepada investasi jangka panjang namun dengan resiko penurunan nilai investasi yang kecil. Agar Anda tidak bingung lagi, mari simak beberapa kelebihan dari kedua jenis investasi ini.

Kelebihan investasi saham

Bagi yang suka dengan tantangan, pilih investasi saham atau properti jawabannya mungkin adalah investasi saham. Investasi saham artinya adalah Anda membeli sebagian saham perusahaan dengan harga per unit yang telah ditentukan.  Dengan membeli saham perusahaan, artinya Anda juga memiliki hak milik atas perusahaan tersebut.  Meski terbilang resikonya besar, apa yang membuat investasi saham banyak diminati?

  1. Nilai return yang besar adalah salah satu alasan utama mengapa banyak yang suka dengan investasi saham. Harga saham yang naik turun yang dipengaruhi oleh situasi pasar yang fluktuatif, adanya resiko harga saham perusahaan jatuh dalam waktu yang lama, atau justru harga saham yang tidak bergerak nyatanya masih dinilai menjadi sumber keuntungan yang cukup tinggi.
  2. Menjadi pemilik perusahaan bukan berarti Anda akan bekerja untuk perusahaan. Sudah ada jajaran profesional yang mengelola perusahaan dan Anda tinggal menikmati dividennya
  3. Dana investasi yang cenderung lebih kecil. Anda bahkan bisa investasi saham dengan uang satu juta untuk diinvestasikan ke perusahaan berkembang dan sehat
  4. Tingkat likuditas yang tinggi dari perdagangan saham yang cepat dalam hitungan detik

Kelebihan investasi properti

Investasi properti dilakukan dengan membeli properti baik berupa tanah, rumah, bangunan, yang bisa diubah sesuai dengan keinginan Anda kemudian disewakan atau dijual kembali kepada orang lain. Investasi properti ini banyak macamnya, bisa berupa kos-kosan, perumahan, ruko, apartemen, atau jual beli tanah kosong. Resikonya paling kecil karena harga properti hampir tidak pernah turun. Kelebihan lainnya adalah:

  1. Pasarnya luas. Setiap orang pasti memerlukan bangunan untuk dijadikan tempat tinggal atau tempat usaha sehingga Anda tidak kesulitan mencari pembeli. Asalkan berada di lokasi yang bagus, dan mudah dijangkau dengan akses yang terbuka, pasti properti Anda bisa cepat terjual.
  2. Cash flow yang jalan terus. Misalnya Anda memiliki sebuah properti yang kemudian disewakan dengan harga sekian per tahunnya. Dengan demikian Anda akan terus mendapatkan uang bayaran sewa tanpa harus repot melakukan trading seperti pada investasi saham.
  3. Bisa digunakan untuk agunan di bank sehingga Anda bisa dengan mudah mendapatkan dana pinjaman dari bank apabila butuh dana. Mengajukan pinjaman kredit ke bank bisa untuk modal usaha, biaya pendidikan anak, atau biaya berobat.
  4. Berbeda dengan investasi saham yang keuntungan dividennya sangat terpengaruh oleh besar laba perusahaan. Besar laba perusahaan juga tergantung dengan kondisi pasar misalnya daya beli masyarakat, tingkat suku bunga bank sentral, dan lain sebagainya. Sementara investasi properti nilainya tidak terpengaruh oleh sentiment-sentimen di pasar. Jarang sekali terjadi penurunan harga atau nilai properti. Bahkan jika lokasinya bagus, dekat dengan fasilitas umum dan aksesnya mudah, dalam beberapa tahun harganya bisa naik berkali lipat.

Itulah beberapa kelebihan dari investasi saham dan investasi properti untuk menjawab pertanyaan pilih investasi saham atau investasi properti.