Investasi Reksadana Memang Menguntungkan

By on June 21, 2013 | Artikel ini Sudah di baca 2,169 kali
investasi reksadana

Investasi Reksadana Memang Menguntungkan

Investasi reksadana memang merupakan suatu pilihan bisnis yang bisa dikatakan diperuntukkan bagi mereka dengan ekonomi menengah ke atas yang mana cara investasi yang digunakan juga harus menggunakan modal awal yang cukup besar serta harus berani menerima kondisi bila suatu saat mengalami kerugian sehingga modal yang anda investasikan hilang sesaat sekitar enam hingga dua belas bulan, karena modal tersebut akan diserahkan ke manajer investasi untuk selanjutnya dilakukan pengolahan dana tersebut. Namun di samping kita berbicara mengenai kemungkinan kerugian maka disisi lain dari investasi reksadana ini juga keuntungannya akan jauh lebih besar dan tentunya sangat menguntungkan bagi para investornya. Seperti yang kita ketahui bahwa jenis reksadana sendiri ada beberapa macam yaitu : Manulife, Obligasi, Saham maupun jenis surat berharga yang lain. Namun dengan beberapa pilihan macam tersebut mungkin bagi seorang investor yang masih awam tentu akan bingung apabila harus menentukan pilihan jenis reksadana mana yang hendak ditekuni. Oleh karena itu perlu anda konsultasikan kepada manajer investasi sehingga diharapkan bisa membantu memberikan anda gambaran mengenai jenis pilihan yang tepat dengan kondisi keuangan anda. Tapi perlu anda ketahui juga bahwa dari semua jenis reksadana tersebut yang paling aman adalah reksadana saham.

Investasi reksadana saham memang merupakan salah satu dari jenis reksadana yang dapat membantu investor dalam mengurusi kepemilikan saham dari sebuah perusahaan serta membantu bagi anda yang hanya memiliki modal yang relatif kecil. Jadi apabila ada seorang investor reksadana yang membeli sebuah saham dengan harga yang terbilang sangat tinggi tentu tidak semua investor bisa membelinya bukan! Nah, disini lah peran dari reksadana membantu anda dalam berinvestasi kemudian kepemilikan saham perusahaan yang dibeli tersebut akan dikelola sang manajer investasi. Reksadana yang demikian ini dapat memberikan sebuah keuntungan yang sangat besar, akan tetapi perlu anda ingat bahwa apabila hasil yang di dapat besar maka resiko yang mungkin terjadi pun juga cukup tinggi. Namun hal ini bukan menjadi persoalan bagi seorang manajer investasi yang memang telah berpengalaman dan tahu seluk beluk di bidang investasi reksadana. Yang terpenting disini yang harus dilakukan apabila anda ingin memulai investasi di reksadana, maka anda harus menentukan dengan tepat seorang manajer investasi yang ahli dan juga bisa untuk di andalkan seutuhnya dalam mengelola kepemilikan modal yang anda punya.

Reksadana saham terbilang lebih menguntungkan apabila anda hitung secara matang karena dari setiap persen saham di sebuah perusahaan pun akan mampu menghasilkan keuntungan yang cukup tinggi, selain itu juga keuntungan untuk kedepannya akan terus mengalami peningkatan. Hal ini membuat pilihan berinvestasi di reksadana cukup aman dilakukan dan pastinya menguntungkan, khususnya untuk jenis investasi reksadana saham. Perlu anda lakukan apabila hendak berinvestasi reksadana saham lakukanlah disversifikasi dengan melakukan pembelian beberapa jenis saham, selain itu miliki juga kemampuan dalam menganalisa serta dalam memilih saham yang tepat. Anda harus terus melakukan pemantauan dari perkembangan pasar yang sifatnya fluktuatif atau berubah – ubah. Banyak sekali diluar sana yang memiliki anggapan bahwa untuk menyiapkan modal investasi itu mudah, tapi justru yang harus anda miliki yakni kemampuan analisis perkembangan naik turunnya harga saham tersebut, sehingga dari situ anda bisa dengan jelas mengetahui perputaran modal dan melihat bahwa hasilnya juga akan sangat menguntungkan bagi investornya.