Investasi Properti – Peluang & Tanpa Modal

By on October 17, 2013 | Artikel ini Sudah di baca 3,038 kali
Properti

Investasi Properti – Peluang & Tanpa Modal

Investasi properti adalah salah satu investasi yang bisa dikatakan tertua di dunia. Warisan tanah menjadi salah satu hal paling sakral yang harus diturunkan. Bahkan, jarang sekali kalau sebisa mungkin – tanah tidak akan dijual lagi. Risiko investasi properti ini juga hampir tidak ada. Harga properti pasti akan selalu peningkatan. Mengapa bisa seperti itu? Logika sederhanya adalah: Jumlah penduduk di bumi selalu mengalami peningkatan, namun tanah di bumi ya tetap seperti itu saja, bukan? Inilah yang membuat daya saing manusia untuk memiliki tanah yang notabene kebutuhan dasar semakin tinggi pula.

Dijadikan Investasi Properti

Bahkan, properti tidak hanya dijadikan sebagai kebutuh dasar. Bagi mereka yang memiliki dana sering kali menginvestasikan dana mereka dalam bentuk properti. Cara investasi ini juga tergolong mudah dan tidak ribet seperti halnya investasi lainnya yang menuntut lebih banyak pemahaman. Yang perlu Anda lakukan adalah memiliki dana dan memilih lokasi properti yang menjanjikan dan tentunya tidak bermasalah. Soal menjanjikan atau tidak sebenarnya itupun relatif. Yang penting adalah properti itu memiliki surat-surat yang sah.

Berikut beberapa kemudahan yang dimiliki oleh investasi properti:

1. Tidak perlu modal besar juga sebenarnya. Faktanya, Anda bisa mendapatkan properti dengan harga murah. Salah satu cara mendapatkannya adalah mencari properti yang dijual atas dasar “butuh uang cepat”.

2. Modalpun bisa diperoleh dari pihak lain, sebagai contoh bank. Keuntungan yang Anda peroleh dari investasi properti ini bahkan melebihi nilai yang harus Anda bayarkan nantinya ke bank.

3. Keamanan lebih mudah. Sebagai contoh, untuk tanah – Anda tidak perlu begitu memantaunya karena tidak mungkin tanah dicuri orang, bukan?

4. Keuntungan dobel. Anda tidak harus menjual properti guna memperoleh keuntungan dari investasi properti. Justru, sebaliknya, Anda tetap mempertahankan properti tersebut sebisa mungkin – untuk kemudian disewakan dan sebagainya.

5. Harga properti nyari selalu mengalami peningkatan sebagaimana telah disinggung di awal. Kenaikan harga tersebut bahkan melebih inflasi.

Bagaimana Memulainya?

Cara memulai investasi ini cukup mudah. Sebenarnya telah dijelaskan secara tersirat di awal. Pertama kali, Anda bisa mencari tanah atau properti yang cocok. Kemudian, hitung biayanya. Anda bisa menginvestasikan dana Anda di situ. Namun, bagaimana jika tidak punya modal cukup? Hal inipun masih bisa diakali. Anda bisa bekerja sama dengan pemilik tanah yang ingin tanahnya laku. Jelaskan prospek keuntungan yang diperoleh. Setelah disepakati, Anda bisa bekerja sama dengan arsitek guna menghasilkan bangunan atau jika Anda memang seorang arsitek memiliki peluang lebih lagi. Dari mana dana membangun rumah / properti? Dari calon pembeli dengan calon pembeli tersebut membayarkan DP. Nah DP atau uang muka tersebut dijadikan untuk membangun rumah. Tentunya dengan catatan, jelaskan secara saksama skema transaksi. Dengan begitu, win-win solution bisa diterima oleh masing-masing pihak. Selamat mencoba cara ini! Salam sukses!