Investasi Properti? Kenali Keuntungan dan Resiko yang Mungkin Muncul

By on December 16, 2015 | Artikel ini Sudah di baca 286 kali

Investasi Properti – Keuntungan dan resiko investasi properti, layaknya dua mata uang yang tidak bisa dipisahkan. Walaupun terasa pahit dan pastinya sangat dihindari resiko berupa kerugian mungkin saja dialami dalam sebuah bisnis. Selain bayang-bayang keuntungan yang akan diraih tidak salahnya juga Anda menambah pengetahuan untuk mengenali resiko berinvestasi properti karena antisipasi sejak awal turut meminimalisir bahkan menghilangkan resiko kerugian yang mungkin diderita.

Keuntungan dalam Investasi Properti

Investasi properti menjadi salah satu jenis investasi memberikan banyak keuntungan bagi para pelakonnya, selain juga termasuk bentuk investasi yang mempunyai masa depan yang cerah dan memiliki umur yang relatif panjang. Tidak mengherankan jika banyak yang terigur untuk turut berinvestasi dalam bidang ini. Berikut adalah beberapa keuntungan yang dapat diraih dengan malakukan investasi properti yaitu:

  • Laba yang besar
    Jenis properti seperti rumah, apartemen maupun perkantoran dan tanah mempunyai nilai jual yang tinggi, dimana harganya ini akan selalu naik dengan tajam seiring dengan perjalanan waktu. Kondisi ini tentu akan memberikan potensi keuntungan yang tinggi juga. Untuk potensi mengalami penurunan harga sangat jarang terjadi terkecuali bila terjadi sebuah peristiwa buruk atau pengelolaannya buruk.
  • Tidak pernah sepi peminat
    Keuntungan lainnya yang dapat diperoleh dengan berinvestasi properti adalah karena kebutuhan atas sebuah bangunan atau tanah tidak pernah surut baik itu untuk sebuah hunian atau sebuah gedung untuk memulai usaha. Properti mempunyai jangkauan pasar yang luas, hal ini tidak terlepas dari jumlah penduduk yang terus meningkat dimana mereka nantinya akan membutuhkan tempat tinggal. Tidak jauh berbeda dengan dengan kemunculan bisnis baru yang pastinya membutuhkan tempat untuk mendukung mobilitasnya. Kondisi tersebut jugalah yang membuat investasi properti mempunyai umur yang panjang. Para calon pembeli  tidak akan mengalami kesulitan untuk mendapatkan properti yang diinginkan walaupun harganya selalu naik, karena dengan mudah mereka akan memperoleh pinjaman dari Bank.
  • Dapat digunakan sebagai jaminan pinjaman
    Alasan lain yang membuat banyak orang yang tidak ragu dalam melakukan investasi properti adalah kemudahan dalam memperoleh pinjaman dari Bank atau lembaga pengkreditan lainnya dengan cara menjaminkan properti tersebut.

Resiko Investasi Properti

Walaupun dapat memberikan keuntungan berinvestasi yang menjanjikan, namun tidak dapat dipungkiri bahwa bisnis ini juga mempunyai beberapa resiko yang tidak bisa dianggap diremehkan. Sekecil apapun resiko yang mungkin ditimbulkan dapat berpengaruh pada bisnis yang sedang dikelola karena hal tersebut dapat menjadi batu sandungan yang mungkin menghangi perkembangan bisnis tersebut. Berikut ini adalah beberapa resiko investasi properti:

  • Ditolaknya perizinan dari pemerintah setempat
    Perizinan menjadi salah satu hal yang harus dilakukan oleh para pengembang bisnis properti yang akan melakukan pembangunan proyek. Seringkali masalah yang dirimbulkanya adalah proses yang perizinan dari pemerintah setempat yang memakan waktu panjang serta ketat, bahkan berujung pada peristiwa penolakan. Kondisi ini tidak lepas dari pertimbangan pemerintah setempat akan ketersedaan perumahan atau perkantoran yang diseseuaikan dengan tata kota dan ruang.
  • Bencana alam
    Bencana alam menjadi masalah yang juga turut membanyangi investasi properti. Peristiwa yang terkadang tidak bisa diprediksi ini membuat bencana dapat terjadi kapan saja yang membuat pemilik properti kemungkinan luput dalam melakukan antisipasi dan berujung pada hancurnya properti tersebut. Kondisi ini tentu memberikan kerugian yang besar, lain ceritanya jika Anda turut mengasuransikan properti tersebut.
  • Macetnya proses pembayaran
    Bagi kredit properti, masalah yang mungkin muncul adalah tidak lancarnya proses angsuran.
  • Memerlukan perawatan
    Untuk mencegah penurunan nilai properti yang disebabkan oleh faktor kebersihan yang buruk sampai timbulnya berbagai kerusakan, maka sebuah properti memerlukan perawatan dari pengelolanya. Penurunan kondisi properti juga berakibat pada penurunan harganya, selain itu perawatan yang rutin dilakukan memerlukan biaya yang jauh lebih kecil jika dibandingkan dengan biaya yang harus dikeluarkan untuk memperbaiki kerusakan.

Demikianlah informasi mengenai keuntungan dan resiko investasi properti, semoga dapat bermanfaat.