Investasi Emas, Pilihan Investasi Populer Saat Ini

By on August 12, 2015 | Artikel ini Sudah di baca 297 kali

Investasi emas merupakan investasi populer saat ini yang dipilih sebagian besar masyarakat Indonesia. Mengingat harta benda yang kita miliki nilainya akan terus mengalami penurunan harga seiring berjalannya waktu, karena itulah diperlukan investasi agar nilai dari harta benda yang kita miliki bisa bertahan atau bahkan mengalami peningkatan. Ada berbagai macam investasi yang bisa Anda pilih, salah satunya adalah investasi emas.

Mengapa Memilih Investasi Emas?

Emas merupakan barang yang memiliki nilai jual semakin tinggi dari tahun ke tahun. Investasi emas merupakan investasi populer saat iniyang banyak dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Seiring sumber daya alam penghasil emas semakin berkurang, harga emas mengalami peningkatan dari waktu ke waktu. Dapat disimpulkan bahwa dalam setiap tahunnya harga emas mengalami kenaikan mulai dari 5% – 20%.  Namun tidak dipungkiri bahwa harga emas juga bisa mengalami penurunan dalam beberapa kondisi. Kenaikan atau penurunan harga emas sangat dipengaruhi oleh nilai mata uang dollar Amerika. Jika nilai mata uang dollar sedang melemah, harga jual emas akan mengalami kenaikan. Saat itulah waktu yang tepat untuk menjual emas.

Sebagian besar masyarakat Indonesia memilih investasi emas sebagai investasi jangka panjang. Sudah berabad-abad lamanya investasi logam mulia ini mampu bertahan dan terbukti sebagai alat investasi yang aman. Bagi Anda yang mempunyai dana yang tidak akan digunakan dalam waktu dekat, investasi emas sangat cocok bagi Anda. Dana yang tidak digunakan tersebut bisa disimpan dalam bentuk emas, dalam jika sewaktu-waktu dibutuhkan emas tersebut bisa langsung dijual.

Meskipun mengalami penurunan dan kenaikan harga dalam kondisi tertentu, namun secara umum harga emas cenderung stabil dan mengalami kenaikan dari waktu ke waktu. Selain itu emas juga tidak terlalu terpengaruh oleh adanya inflasi di suatu negara atau yang biasa disebut sebagai zero inflation effect.

Pilihan Investasi Emas

Secara umum masyarakat sudah mengetahui bahwa investasi emas bisa berupa perhiasan, emas batangan, dan koin emas. Namun investasi emas berupa emas batangan dinilai lebih efektif dan lebih menguntungkan. Meskipun perhiasan bisa digunakan sebagai alat investasi dan koleksi perhiasan Anda, namun jika dijual kembali nilai jualnya akan jauh menurun dari harga pembelian. Penurunan tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya adalah:
· Trend Fashion
Penjualan perhiasan akan tergantung oleh trend fashion yang sedang berkembang. Jika lagi booming harga jual perhiasan tersebut akan semakin tinggi. Sebaliknya jika sudah tidak ngetrend atau tidak booming lagi harga jual perhiasan tersebut akan jauh menurun.
· Biaya Produksi
Harga perhiasan emas bisa lebih mahal karena adanya ongkos dalam pembuatan perhiasan emas tersebut.
· Bersifat Subjektif
Apabila model perhiasan emas tidak up to date, nilai jual perhiasan emas tersebut akan jauh menurun.

Jadi untuk digunakan sebagai alat investasi, emas batangan adalah pilihan yang lebih tepat. Di Indonesia, jenis emas batangan beserta sertifikatnya dikeluarkan oleh Antam. Untuk mendapatkan emas batangan, Anda tidak harus mendapatkannya dari kantor Antam. Di toko-toko emas yang terpercaya Anda bisa mendapatkan emas batangan tersebut. Selain itu Anda juga bisa membeli secara online di antamgold atau membelinya di pegadaian.  Ada berbagai ukuran emas batangan yang bisa Anda pilih sesuai dengan budget yang Anda miliki, mulai dari 5 gr hingga 100 gr.

Dalam setiap jenis investasi memang selalu ada kelebihan dan kelemahannya. Tergantung dari Anda sendiri-sendiri yang bisa menentukan investasi mana yang sesuai dan tepat bagi Anda terlepas dari investasi populer saat ini .