Investasi Emas di Saat Krisis – Pilihan Investasi Terbaik

By on November 7, 2013 | Artikel ini Sudah di baca 2,923 kali
Harga Emas

Investasi Emas di Saat Krisis – Pilihan Investasi Terbaik

Investasi emas di saat krisis harga nilai tukar rupiah bisa menjadi pilihan investasi yang lebih aman dibandingkan beberapa jenis investasi lainnya. Saat ini memang pilihan investasi sangatlah beragam. Namun, bisa dipastikan bahwa resiko investasi emas lebih kecil dibandingkan resiko investasi lainnya sehingga investasi emas di saat krisis bisa menjadi solusi terbaik. Bahkan, hampir semua Bank baik Bank lokal hingga Bank sekelas dunia berbondong – bonding menyelamatkan dan mengamankan kekayaannya dengan investasi emas.

Investasi Emas di Saat Krisis – Kelebihan Investasi Emas

Salah satu kelebihan dari investasi emas di saat krisis adalah sifatnya yang tahan inflasi. Hal ini terbukti dengan harga emas yang terus meningkat bahkan dalam sepuluh terakhir ini. Dalam satu bulan saja, kenaikan harga emas bisa sangat drastis hingga mencapai seratus ribu rupiah per gramnya. Kelebihan lainnya dari investasi emas di saat kritis adalah emas merupakan komoditi yang tidak akan rusak, mudah diuangkan, dan memiliki pergerakan yang luar biasa di pasaran.

Masalahnya dalam investasi emas di saat krisis seperti ini adalah harga emas sudah terlanjur sangat mahal. Sehingga jika Anda ingin melakukan investasi emas di saat krisis, Anda membutuhkan modal yang tidak kecil. Selain itu, investasi emas ini perlu dilakukan untuk investasi jangka menengah hingga jangka panjang. Minimalnya, investasi emas ini dilakukan untuk investasi sekitar tiga tahun ke atas. Jika Anda hanya mampu melakukan investasi dalam jangka waktu di bawah satu tahun, maka investasi emas bukan pilihan yang tepat.

Yang perlu diingat dalam investasi emas di saat krisis adalah memilih jenis emas yang tepat. Pilihlah jenis logam mulia emas 24 karat, dan hindari jenis logam mulia emas 22 karat ataupun emas perhiasan. Hal ini dikarenakan emas 22 karat dan emas perhiasan akan menguras dana untuk kebutuhan ongkos cetak. Sedangkan emas batangan hanya membutuhkan ongkos cetak yang lebih ringan.

Sebenarnya, di saat krisis seperti ini yang sebaiknya dilakukan bukanlah memulai investasi, tapi memanen investasi emas Anda. Emas sudah disadari sebagai komoditi yang bernilai tinggi bahkan sejak 2000 tahun sebelum masehi. Sampai sekarang, emas masih dinilai sebagai komoditi yang menjanjikan dan menguntungkan apalagi dalam berinvestasi. Bayangkan jika Anda telah menanam investasi emas ini sepuluh tahun lalu di saat harga emas masih murah dan respon pasar masih tenang – tenang saja. Berapa banyak keuntungan yang bisa Anda tuai saat ini. Pada tahun 1994, harga emas hanya berkisar 30.000,- sampai 50.000,- saja, sedangkan saat ini harga emas bisa mencapai 550.000,-.

Itulah sedikit ulasan mengenai kelebihan dan hal – hal yang harus diperhatikan dalam menanam nvestasi emas di saat krisis