Investasi Emas Berjangka, Tertarik?

By on August 5, 2015 | Artikel ini Sudah di baca 318 kali

Investasi Emas – Di tahun 2015 ini, investasi emas berjangka bukan lagi menjadi sebuah tren bisnis yang baru. Seorang pengamat keuangan dan investasi menerangkan jika investasi logam mulia seperti emas jauh lebih aman dan baik, karena nilai uang ataupun valuta asing akan semakin tergerus oleh inflasi. Harga emas memang mulai menunjukan penurunan pada awal-awal tahun 2015, namun bisa saja harganya kembali naik ataupun stabil.

Investasi emas berjangka ini dapat berupa aktivitas online trading emas. Didalam sebuah pasar atau bursa, para investor melakukan trading logam mulia dalam jumlah yang besar dan juga secara online. Jadi, mereka tidak perlu merasa khawatir menyimpan fisik emas tersebut dirumah ataupun repot-repot pergi ke tempat pembelian emas. Ini semua karena adanya platform online trading yang digunakan untuk melakukan transaksi jual beli emas. Biasanya terlihat daftar harga beli dan harga jual yang verlaku pada jam dan waktu saat itu juga atau biasa disebut dengan sistem running market. Investor  investasi emas berjangka ini dapat membeli ataupun menjual emas yang berbentuk satuan trading atau biasa disebut dengan lot. Lumayan mudah dan menantang bukan? Bentuk satuan trading inilah yang menggantikan bentuk fisik emas Anda. Intinya, mekanisme yang berjalan di investasi emas berjangka ini dilakukan sesuai kehendak Anda, kapan waktu yang baik untuk membeli emas dan kapan juga waktu yang tepat untuk menjualnya. (Baca juga: Potensi Keuntungan Trading Emas Online)

Pada dasarnya, investasi emas yang berbentuk fisik juga dapat dikatakan sebagai investasi emas berjangka. Mengapa begitu? Ini karena emas yang dimiliki dapat disimpan untuk jangka waktu yang sudah Anda tentukan, misalnya 3 tahun kedepan atau 5 tahun kedepan. Dibandingkan dengan investasi lainnya, investasi emas berjangka berbentuk fisik ini sangat mudah dicairkan dananya kapan saja saat Anda membutuhkan. Sayangnya, investasi emas berjangka ini kurang begitu praktis karena Anda harus membeli dan menjual emas yang Anda miliki pada tempat yang bersangkutan. Keuntungannya pun tidak terlalu signifikan jika dibandingkan dengan investasi emas berjangka dalam bentuk online trading. (Baca juga: Perbedaan Antara Trading & Investasi Riil)

Lalu, bagaimanakah jika harga emas menurun seperti yang sedang terjadi beberapa bulan belakangan ini? Inilah dia keuntungan investasi emas berjangka, terutama dalam online trading emas, Adanya sistem Two Way Transaction atau transaksi dua arah inilah yang menjadi daya tarik dalam investasi emas berjangka. Pada saat harga bergerak turun ataupun naik, maka sang investor juga akan mendapatkan keuntungan. Keuntungan yang didapatkan saat harga sedang turun adalah masuk ke bursa dengan posisi menjual lalu kemudan berpindah ke posisi beli saat keluar dari bursa. Sedangkan ketika harga emas naik, maka si investor dapat melakukan kebalikannya. Cukup menarik bukan?