Investasi dan Trading Pada Emas, Apa Bedanya?

By on September 23, 2015 | Artikel ini Sudah di baca 349 kali

Investasi Emas – Emas merupakan logam mulia yang dapat dijadikan sebagai tabungan kemudian dijual kembali karena harganya yang secara bertahap dapat mengalami peningkatan signifikan. Banyak orang yang memilih emas murni dan batangan untuk diinvestasikan daripada diuangkan, karena saat dibutuhkan, emas bisa dijual sewaktu-waktu tentunya juga mendapatkan untung yang besar. Selain investasi emas kita juga sering mendengar istilah kata trading emas. Apa perbedaan investasi emas dan trading emas? Mari kami ajak Anda untuk sedikit lebih mengenal serta mempelajari lebih dekat tentang investasi dan trading emas.

Pengertian Secara Umum Investasi dan Trading Emas

Yang dimaksud dengan investasi emas merupakan suatu kegiatan membeli emas baik emas murni, emas perhiasan, juga emas batangan lalu disimpan untuk kemudian dijual kembali apabila nilai atau harganya naik, sehingga sang investor mendapatkan keuntungan dari investasi tersebut. Emas lebih dipilih daripada jenis barang lainnya karena kemudahan dalam pelaksanaan, bebas dari pungutan pajak, dapat dijual sewaktu-waktu apabila benar-benar dibutuhkan, nilainya yang stabil dan tak ada pengaruh dari perekonomian dunia (meskipun mata uang mengalami ketidakstabilan, emas tetap pada posisinya), dapat dibuat simpanan masa depan, dan kecil adanya kemungkinan kerugian karena nilainya yang semakin tinggi. Biasanya orang membeli emas yang berupa wujud fisik nyata di saat harganya paling rendah, sehingga ke depannya beberapa tahun kemudian saat dijual harganya dapat melambung tinggi di pasaran. Adapun yang terkenal di Indonesia, sistem investasi emas dengan melalui pegadaian berbasis syariah Islam tanpa adanya bunga yang mencekik.

Pada sistem trading emas, dapat diartikan sebagai kegiatan penjualan serta pembelian emas namun wujud nyata dari emas tersebut tidak ada, hal ini merupakan salah satu perbedaan investasi emas dan trading emas. Jadi, pada trading emas tetap dapat dilakukan penjualan dan pembelian emas bukan dalam fisik emasnya, melainkan berdasar menaiknya atau menurunnya nilai emas di kancah perdagangan dunia lewat angka-angka yang bergerak ke atas maupun turun ke bawah. Langkah-langkah mudah yang bisa dilakukan investor, seperti transaksi emas yang tidak menggantungkan pada fisik emasnya, tapi melihat dari nilai yang dinamis, jika naik bisa dalam posisi membeli, jika turun bisa berada di posisi menjual.

Perbedaan Investasi Emas dan Trading Emas

Nah, setelah menilik dan mengerti apa saja sih pengertian secara umum mengenai investasi emas dan trading emas, tentu penasaran perbedaan dari keduanya. Mana yang lebih menguntungkan antara investasi emas dan trading emas? Sama-sama proses jual dan beli namun pasti ada keuntungan serta kerugiannya masing-masing. Berikut penelusuran kami tentang perbedaan investasi emas dan trading emas untuk Anda!

– Mengenai permodalan, investasi emas tentunya butuh modal cukup tinggi karena fisik emas belum tentu tersedia serta emas dalam bentuk batang relatif mahal. Keuntungan pun dapat diraup hanya jika harganya naik, berdasar pengurangan dari harga tinggi dan harga rendah. Sedangkan pada trading emas, modal yang dibutuhkan hanya sedikit, serta keadaan saat nilanya rendah ataupun tinggi masih mendapatkan untung.
– Tentunya pada investasi emas, Anda akan diliputi kewaspadaan serta perasaan tidak tenang, karena bentuk fisik emas harus disimpan entah pada brankas maupun di bank akibat nilainya yang tinggi dan perasaan takut kehilangan. Lain halnya dengan trading emas, karena kita tidak perlu menyimpan emas secara nyata, karena merupakan bentuk nilai atau harga.

Program Referral
Keuntungan yang Anda akan Peroleh!

* Penghasilan Tanpa Batas
* Bonus Komisi Yang Dibagikan Setiap Bulan
* Jam Kerja Yang Fleksibel
* Dapat Dilakukan Secara Online Maupun Offline
* Anda Akan Mendapat Pelatihan Yang Komprehensif
* Anda Akan Mendapatkan Pengarahan Konsultasi
* Penghasilan anda; Komisi, Bonus Bounty