Investasi Barang Mewah, Mungkinkah?

By on July 13, 2015 | Artikel ini Sudah di baca 374 kali

Edukasi – Seiring dengan daya beli masyarakat Indonesia yang semakin menguat, beberapa tahun belakangan ini kita melihat demam luxury branded goods, terutama pada kalangan menengah ke atas. Ternyata, tidak semua orang membeli barang mewah tersebut untuk dipakai lho! Sebagian justru membelinya untuk berinvestasi.

‘Nggak salah?,’ mungkin pertanyaan tersebut terlintas di benak Anda. Apa mungkin barang pakai sehari-hari bisa memberikan keuntungan di masa yang akan datang? Bukannya justru nanti nilainya malah turun??

Luxury branded goods seperti perhiasan, jam, atau tas mewah ini awalnya memang dibeli untuk pemakaian pribadi, mengikuti tren terbaru, atau sekedar menaikkan status pemiliknya. Namun, belakangan ini, semakin banyak orang yang membeli tas atau aksesoris mewah untuk dijadikan investasi. Umumnya orang yang membeli dengan niatan investasi adalah kolektor yang memang jarang sekali memakainya.

Investasi melalui barang konsumsi memang terdengar aneh, namun ternyata cukup logis. Aksesoris ekslusif dan bermerek umumnya memiliki harga yang sangat tinggi dan cenderung semakin meningkat seiring berjalannya waktu karena dinilai sebagai produk klasik. Contohnya saja, Birkin Bag keluaran rumah mode Perancis, Hermes, yang umumnya dibanderol sekitar 60an juta, namun ketika terlah menjadi klasik harganya bisa meroket hingga ratusan juta rupiah. Selain itu, terdapat pangsa pasar yang besar atas produk-produk semacam ini mengingat semakin banyaknya kolektor dan semakin besarnya jumlah kalangan menengah ke atas di Indonesia.

Selain itu, mereka yang membeli barang mewah ini juga terkadang sengaja membelinya untuk kemudian disewakan kembali. Periode sewanya mulai dari sebulan, dan mereka yang menyewa juga merasa lebih diuntungkan karena tidak perlu membeli dengan harga penuh, tapi tetap dapat menikmati prestise dari menggunakan barang mewah tersebut. Hal ini marak dilakukan di beberapa kota besar di Indonesia, antara lain di Jakarta, Bandung dan Medan.

Nah, sebelum Anda memutuskan untuk membeli barang mewah untuk investasi, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Pertama, pilih merek yang sudah ternama dan kredibilitasnya terbukti selama puluhan tahun. Produk dari brand yang baru ternama atau hanya terkenal karena tren sesaat relatif akan turun harganya dalam beberapa tahun ke depan sehingga bukan pilihan yang tepat untuk investasi jangka panjang. Kedua, pilih produk dengan model dan material yang klasik dan tahan lama agar tetap sesuai dengan preferensi pasar dan tetap laku di kemudian hari.

Terakhir, sebelum memutuskan untuk membeli, pastikan dan yakinkan kembali alasan Anda membeli barang mewah tersebut, apakah untuk konsumsi atau investasi agar Anda bisa mengatur pemakaian barang: apakah untuk sering dipakai atau hanya disimpan dalam dust bag dan duduk manis mengisi lemari Anda.

Ingat juga bahwa investasi tidak boleh mengganggu cash flow Anda ya, jadi alokasikan dana khusus untuk berinvestasi di luxury branded goods ini. Happy hunting!

 

Sumber: mywealth.co.id

Program Referral
Keuntungan yang Anda akan Peroleh!

* Penghasilan Tanpa Batas
* Bonus Komisi Yang Dibagikan Setiap Bulan
* Jam Kerja Yang Fleksibel
* Dapat Dilakukan Secara Online Maupun Offline
* Anda Akan Mendapat Pelatihan Yang Komprehensif
* Anda Akan Mendapatkan Pengarahan Konsultasi
* Penghasilan anda; Komisi, Bonus Bounty