Inspirasi Bisnis Online yang Menguntungkan Saat Ramadhan

By on June 17, 2015 | Artikel ini Sudah di baca 366 kali

Inspirasi Bisnis – Banyak orang yang berusaha menambah pundi-pundi penghasilannya untuk lebaran dengan berbisnis saat Ramadhan. Bisnis online pun menjadi pilihan tepat ketika banyak orang malas keluar rumah atau keluar kantor untuk berbelanja. Pertanyaannya, bisnis apa saja yang bisa dilakukan secara online dan hasilkan banyak uang saat Ramadhan?

Belanja online memang mengasyikkan. Cukup dengan duduk manis di depan komputer, pc, tablet, atau smartphone, seseorang bisa mendapatkan barang yang diinginkan. Alasan itulah yang membuat bisnis online semakin diminati ketika bulan puasa. Saat waktu menjadi sangat berharga, dan seseorang merasa lebih nyaman belanja online karena tetap bisa melakukan aktivitas harian sambil khusyuk beribadah.

Inilah salah satu peluang yang bisa dilirik untuk Anda yang sedang menekuni bisnis yang satu ini. Ada beberapa bisnis online yang pasti bisa mendapat omzet penjualan lebih besar di masa-masa bulan suci Ramadhan. Berikut adalah beberapa di antaranya:

Busana

Salah satu layanan e-commerce enabler, aCommerce, sempat merilis sebuah studi yang mempelajari tentang bagaimana bulan puasa dapat memengaruhi perilaku belanja masyarakat Indonesia. Beberapa kajian di dalamnya menjelaskan seperti barang apa saja yang paling banyak dicari. Dalam riset yang dihimpun sepanjang bulan Ramadhan 2014 (7-20 Juni dan 28 Juni-11 Juli), aCommerce menemukan, transaksi pakaian muslim sendiri meningkat hingga 96% dengan keuntungan yang didapat melonjak 84% sejak awal bulan Ramadhan.

Nah, jika Anda berminat untuk mengejar omzet lebih tinggi selama bulan puasa, Anda bisa mencoba memaksimalkan promosi penjualan produk busana muslim. Budaya masyarakat Indonesia, khususnya muslim, yang banyak membeli pakaian baru untuk berlebaran menjadikan bisnis ini tumbuh subur dan meraup untung besar di bulan Ramadhan.

Kuliner

Kue-kue kering, beragam aneka makanan manis seperti cake dan brownies tentu akan menjadi sajian wajib di kala lebaran. Biasanya orang-orang sudah mulai mempersiapkan diri untuk membeli aneka jenis kue lebaran semenjak masa Ramadhan. Bahkan, tidak sedikit yang sudah memulai perburuan kue sejak sebelum awal masa bulan puasa.

Kue yang paling sering disajikan dan seolah sudah menjadi makanan khas lebaran adalah kue nastar dan kue keju kastengel. Selain itu, muncul juga tren baru pemesanan kue dengan sajian unik sebagai bingkisan lebaran. Misalnya kue dalam toples yang kerap menjadi alternatif pilihan lain pengiriman paket lebaran yang unik namun praktis.

Ada juga masyarakat yang gemar menyiapkan kue-kue basah seperti cake atau brownies untuk melengkapi sajian mereka. Kue-kue ini memang tidak seawet kue kering, namun tetap menjadi variasi pilihan mereka yang ingin merayakan lebaran bersama keluarga.

Jadi, sudah dapat dipastikan mereka yang berbisnis kuliner yang satu ini bisa mulai kebanjiran pesanan dari para pelanggan setia mereka. Bahkan, tak mustahil mereka mendapat pelanggan baru.

Jasa parsel

Parsel biasa menjadi pilihan untuk menjalin silahturahmi di antara rekanan bisnis atau juga kerabat. Permintaan parsel saat lebaran bisa mengalami peningkatan hingga 300 persen dari hari biasanya. Dengan beragam variasi bentuk parsel yang kini ditawarkan, tentu saja akan ada banyak pilihan yang bisa ditawarkan pada para calon pembeli.

Kunci kesuksesan bisnis ini agar omzet bisa melesat adalah tentu saja keunikan bentuk rangkaian barang-barang atau makanan yang ada di dalam paket parsel itu. Masa Ramadhan bisa menjadi momen tepat untuk mempromosikan paket parsel terbaik agar omzet penjualan bisnis Anda bisa meningkat.

Agen perjalanan

Jasa agen perjalanan online menjadi salah satu bidikan banyak orang menjelang bulan puasa. Kemudahan pemesanan tiket secara online menjadi pilihan bagi mereka yang ingin memastikan bisa mendapatkan tiket pulang ke kampung halaman selama libur lebaran. Tak sedikit yang akhirnya kehabisan tiket. Karena itu, dengan sedikit trik strategi pemasaran yang tepat, akan membuat kenaikan omzet yang tinggi untuk bisnis Anda.

Masyarakat juga dihadapkan pada variasi pilihan harga yang kompetitif dengan banyaknya pebisnis agen perjalanan. Mereka sudah mulai menawarkan paket-paket yang lebih murah bahkan jauh sebelum bulan Ramadhan dimulai. Namun, tingginya kebutuhan armada transportasi untuk mudik lebaran membuat pebisnis agen perjalanan tetap bisa meraup tambahan penghasilan.

Berdasarkan data Tiket.com yang dilansir oleh situs berita Bisnis.com, omzet penjualan tiket kereta api dan pesawat terbang salah satu penjual tiket online pada tahun lalu mengalami peningkatan signifikan mencapai 1.000 persen dibanding 2013 akibat lonjakan trafik. Data ini menjadi bukti bahwa pemesanan tiket secara online lebih diminati saat ini.

Reseller atau Dropshipper

Anda tak perlu menjadi produsen untuk bisa berbisnis ritel, termasuk dalam bisnis online. Cobalah untuk menjadi reseller atau dropshipper. Intinya, hanya dengan mencoba menjual kembali produk orang, kita bisa mendapatkan untung dari selisih harga penjualan yang sangat mungkin lebih besar dari musim lainnya. Apalagi musim tertentu seperti Ramadhan. Pilih produk yang kemungkinan bakal laku pesat selama Ramadhan, seperti busana-busana muslim, parsel bertemakan lebaran, dan semacamnya. Pemasaran bisa Anda lakukan melalui komunitas, situs atau blog.

 

Sumber: cekaja.com

Program Referral
Keuntungan yang Anda akan Peroleh!

* Penghasilan Tanpa Batas
* Bonus Komisi Yang Dibagikan Setiap Bulan
* Jam Kerja Yang Fleksibel
* Dapat Dilakukan Secara Online Maupun Offline
* Anda Akan Mendapat Pelatihan Yang Komprehensif
* Anda Akan Mendapatkan Pengarahan Konsultasi
* Penghasilan anda; Komisi, Bonus Bounty