Inilah Keuntungan Investasi Emas Dari Kelebihannya

By on July 24, 2015 | Artikel ini Sudah di baca 305 kali

Investasi Emas – Pernahkan Anda bertanya apa sih keuntungan investasi emas yang bisa Anda dapatkan dibandingkan dengan melakukan jenis investasi lainnya? Tentunya bagi para investor pertanyaan yang satu ini bukanlah jenis pertanyaan yang asing untuk diperbincangkan. Salah satu hal yang menyebabkan jenis investasi ini tidak pernah kalah saing dengan jenis investasi lainnya. Karena memang harga emas yang selalu mengalami peningkatan dari tahun ke tahunnya. Bahkan dalam data statistik dari 10 tahun lalu pun menyatakan bahwa investasi harga  emas sudah sekitar 300% lebih. Dengan melihat pada data tersebut, hal ini membuktikan bahwa harga dari emas dapat menembus pencapaian hingga 30 % setiap tahunnya.

Selain keuntungan dari hal yang sudah dijelaskan pada bagian di atas, ada pula jenis keuntungan lainnya, yang bisa Anda dapatkan melalui jenis investasi ini melalui beberapa kelebihan yang akan dijelaskan berikut :

No Counterparty Risk (Tidak Ada Ketergantungan Atas Pihak Lain)

Dengan melakukan jenis investasi ini, berarti Anda memiliki harta yang berbentuk tangible asset atau dikatakan sebagai aset yang nyata, sehingga dengan aset tersebut Anda tidak perlu bergantung dengan pihak lainnya. Bentuk aset nyata seperti ini akan sangat penting untuk Anda miliki terutama ketika terjadi krisis dari finansial yang tengah melanda. Dengan adanya aset tersebut, maka investasi Anda akan tetap berada dalam keadaan yang aman, terutama apabila emas tersebut masih ada dalam genggaman tangan Anda. Hal inilah yang seringkali dianggap sebagai keuntungan investasi emas yang paling utama dan bisa Anda dapatkan dengan mudah.

Daya Beli Yang Konsisten

Dengan menggunakan investasi dalam bentuk emas, maka Anda akan terhindar dari inflasi. Hal ini terbukti dengan menurunnya harga emas, maka harga komoditi lainnya pun akan ikut menurun. Bahkan dapat dibuktikan dengan harga dari 1 ekor kambing yang dijual senilai 1 koin dari dinar emas. Sementara itu, harga koin dari dinar emas itu sendiri, sekitar Rp. 2.250.000,00 atau setara dengan harga kambing saat ini. Dengan kata lain apabila Anda melakukan investasi emas, maka Anda akan terhindar dari adanya inflasi, karena emas memiliki sifat zero inflation. Sehingga saat harga emas menurun, daya beli yang bisa yang bisa Anda dapatkan tetaplah sama.

Tidak Bergantung Pada Keputusan Pemerintah

Berbeda dengan jenis investasi lainnya yang menggunakan nilai uang, emas bisa terhindar dari keputusan pemerintah. Mengapa demikian? Karena dalam investasi nilai uang, itu bisanya akan sangat bergantung terhadap nilai perekonomian suatu negara, politik, atau bahkan birokrasi yang terdapat di dalmnya. Sementara pada emas, hal ini tentu saja terhindar dari berbagai macam hal tersebut.

Aset Di Luar Sistem Perbankan

Emas adalah bentuk aset yang berada di luar dari jalur perbankan, apabila pada aset perbankan biasanya aset tersebut selalu dihantui dengan berbagai macam hal seperti krisis atau bahkan sentimen dari kebijakan ekonomi, serta politik. Namun dalam sistem investasi emas, Anda akan lebih mudah untuk mempertahankannya dan juga tidak dihantui oleh sistem perbankan seperti yang sudah disebutkan sebelumnya.

Cara Menabung Yang Efektif

Seperti yang sudah masyarakat umum ketahui bahwa harga emas selalu mengalami peningkatan. Karena itulah emas seringkali dianggap sebagai sarana mmenabung yang paling tepat untuk dilakukan , terutama apabila tabungan tersebut memang ditujukan untuk jangka panjang, baik itu untuk kepentingan naik haji, persiapan dalam pernikahan, pembelian rumah atau bahkan untuk dana pendidikan di masa depan.

Mudah Didapat Dan Liquid

Emas memiliki sifat yang sangat baik bagi para investor, terutama karena emas tersebut sangat mudah untuk didapat dan juga mudah pula untuk dijual. Hal ini dikarenakan emas dapat ditemukan dimana saja, dan bahkan harga emas antara indonesia dengan belahan dunia lainnya pun cukup sama.