Inilah Kesalahan yang Biasa Dilakukan oleh Investor Saham

By on October 5, 2015 | Artikel ini Sudah di baca 324 kali

Investasi Saham – Kesalahan yang biasa dilakukan oleh investor saham merupakan kesalahan yang kerap kali terjadi dalam bisnis saham dan sering kali menjadi penyebab mengapa investasi saham mengalami kerugian. Investasi saham saat ini telah termasuk dalam salah satu investasi yang paling menjanjikan keuntungan besar untuk Anda. Tak hanya sekedar mendatangkan keuntungan yang besar untuk Anda, namun bisnis saham juga tergolong mudah dan dapat dilakukan oleh siapa saja. Apabila beberapa tahun yang lalu Anda hanya mengenal jenis bisnis properti dan bisnis jual beli barang untuk menghasilkan keuntungan besar, maka di era sekarang, Anda wajib memperhitungkan bisnis saham apabila ingin mendapatkan keuntungan yang besar.

Ketika Anda mengenal investasi saham secara lebih mendalam, maka Anda pasti juga akan mendengar beberapa rumor mengenai kerugian dari investasi saham yang dapat terjadi pada siapa pun yang menjadi pelaku dalam bisnis investasi saham. Sebenarnya beberapa hal tersebut tidak sepenuhnya benar, mengingat kerugian pada investasi saham hanya akan terjadi apabila sang investor melakukan beberapa kesalahan yang akan membuat investor tersebut mengalami kerugian. Hanya saja, seluruh risiko tersebut sebenarnya dapat Anda hindari dengan berbagai cara dan kejelian dalam setiap pengambilan keputusan yang Anda lakukan. Sebelum mengenal apa saja kerugian yang mungkin Anda alami, maka Anda harus mengenal terlebih dahulu mengenai apa saja kesalahan yang biasa dilakukan oleh investor saham sehingga Anda dapat menjadi lebih berhati-hati dalam mengambil keputusan.

Modal Terlalu Besar

Kesalahan paling umum yang banyak dibuat oleh para investor saham ialah modal awal yang terlalu besar. Untuk para investor pemula, maka Anda harus menyadari bahwa Anda juga membutuhkan jam terbang yang tinggi untuk mendapatkan keuntungan besar. Memulai dengan modal yang terlalu besar sebenarnya merupakan kesalahan paling umum yang banyak dilakukan oleh para investor pemula yang sedang mengawali investasi saham untuk pada sebuah perusahaan

Untuk mengamankan proses awal Anda dalam bidang investasi saham, maka Anda disarankan untuk memulai dengan modal yang kecil terlebih dahulu. Dengan modal kecil ini, Anda dapat belajar untuk mempertimbangkan setiap keputusan yang Anda ambil sekaligus belajar mengenai kapan waktu yang tepat untuk melakukan penjualan ataupun pembelian dalam bidang investasi saham. Ketepatan besaran modal awal pun akan menentukan nasib Anda selanjutnya. Tentu saja, Anda wajib untuk berkonsultasi pada para investor yang lebih berpengalaman dalam bidang saham yang lainnya.

Salah Memilih Perusahaan

Kesalahan lain yang banyak dilakukan oleh para investor adalah kesalahan dalam memilih perusahaan untuk berinvestasi. Ketepatan dalam memilih perusahaan tentu dapat menjadi kunci kesuksesan Anda. Perusahaan yang memiliki neraca keuangan dan saham yang sehat pun akan memberikan keuntungan yang besar pada setiap investor yang turut serta bergabung untuk membeli saham perusahaan tersebut.

Dalam hal mencari informasi dan mencari perusahaan mana yang layak untuk dijadikan sebagai sasaran investasi Anda, Anda dapat mempelajarinya dari track record perusahaan yang bersangkutan sekaligus mempelajari harga saham dari perusahan tersebut selama beberapa waktu terakhir. Hal ini membutuhkan kejelian dari Anda untuk mengambil keputusan yang terbaik. Meski begitu, para pemula pun dapat melakukan hal ini mengingat untuk mengambil keputusan tak hanya membutuhkan jam terbang, namun juga membutuhkan ketepatan dalam menganalisis keadaan saat itu. Agar Anda selalu mendapatkan keuntungan sesuai dengan harapan Anda, maka Anda juga wajib untuk menghindari beberapa kesalahan yang biasa dilakukan oleh investor saham.