Inilah Cara Perhatikan Ketentuan Pajak, Apakah Bisnis Anda Wajib Lapor Pajak atau Tidak

By on November 17, 2015 | Artikel ini Sudah di baca 411 kali

Start-Up Bisnis – Perhatikan ketentuan pajak, apakah bisnis Anda wajib lapor pajak atau tidak ialah cara untuk melihat kepada bisnis Anda, apakah bisnis tersebut termasuk jenis dengan pajak wajib yang harus dilaporkan kepada Negara ataukah tidak. Pajak kini banyak menjadi topik yang cukup sensitif mengingat kini pemerintah sedang giat untuk menertibkan perusahaan-perusahaan yang tidak tertib membayar pajak dan melakukan penagihan dengan sanksi yang setimpal apabila perusahaan besar terbukti menunggak untuk membayar pajak. Anda sebagai seorang pengusaha tentu harus menaati hal tersebut dan mengenal jenis usaha Anda dengan perhatikan ketentuan pajak, apakah bisnis Anda wajib lapor pajak atau tidak. Berikut ini merupakan cara untuk mengenali hal tersebut.

Kenali Jumlah Modal

Apabila Anda memiliki sebuah bisnis, maka awalnya Anda harus mengenali berapa modal awal ketika perusahaan tersebut mulai dijalankan. Meskipun sangat mendasar, namun jumlah modal yang digunakan ini juga akan menentukan besarnya perusahaan maupun bisnis yang Anda miliki. Untuk perusahaan atau bisnis yang masih dalam skala bisnis kecil dengan modal yang tidak mencapai angka miliaran, maka Anda masih tergolong dalam kategori bisnis kecil di mana permasalahan pajak sebenarnya masih belum mengikat perusahaan Anda bahkan ketika Anda telah mulai menjalankan perusahaan tersebut.

Namun, apabila perusahaan Anda telah berjalan dengan modal yang besar, maka perusahaan tersebut telah termasuk dalam jenis perusahaan yang wajib melaporkan pajak perusahaan kepada Negara. Apabila hal itu tidak dilakukan secara rutin, maka perusahaan Anda bisa dikenai sanksi berat karena termasuk dalam daftar perusahaan yang tidak taat pajak. Sanksi awal yang diberlakukan bisa hanya berupa teguran kepada perusahaan Anda, pada tahap selanjutnya, perusahaan Anda dapat dikenal sanksi berupa denda untuk keterlambatan pajak. Tahap lebih lanjut tentunya lebih berat dan akan menjadi sangat berat untuk perusahaan yaitu dengan menutup perusahaan milik Anda karena tidak memenuhi kewajiban pembayaran pajak perusahaan. Karena beberapa hal tersebut, maka Anda wajib perhatikan ketentuan pajak, apakah bisnis Anda wajib lapor pajak atau tidak.

Perhatikan Jenis Usaha

Dari sisi lain, kewajiban lapor pajak juga dapat dinilai dari jenis usaha yang dijalankan. Untuk usaha rakyat dengan skala yang kecil, tentu lapor pajak belum menjadi sebuah keharusan yang wajib dijalankan. Hanya saja, untuk para pelaku usaha kecil dengan skala kecil, masih tetap harus memperhatikan pajak perorangan yang telah memiliki nomor wajib pajak. Selain itu, pajak perusahaan masih belum perlu untuk dilaporkan secara terperinci kepada pihak perpajakan seperti halnya berbagai jenis perusahaan besar yang memiliki skala penjualan yang luas dan bahkan hingga ke luar Negeri.

Apabila jenis usaha Anda memerlukan perizinan khusus seperti pembuatan obat dan pabrik makanan, maka Anda perlu untuk melaporkan usaha dan bisnis Anda tersebut kepada dirjen perpajakan. Hal tersebut wajib Anda lakukan karena untuk bisnis dengan skala dan jenis tertentu harus melalui perizinan lengkap, tak terkecuali dalam bidang pajak. Ketika perusahaan Anda memiliki area bisnis ekspor impor, pelaporan pajak juga menjadi sangatlah penting untuk dilakukan karena pencatatan pajak dari sektor ekspor impor pun sangatlah penting untuk dilakukan. Beberapa cara tersebut merupakan tips untuk perhatikan ketentuan pajak, apakah bisnis Anda wajib lapor pajak atau tidak dan bagaimana cara untuk mengenali bisnis Anda tersebut sehingga Anda dapat menjalankan bisnis dengan aman dan tak menyalahi aturan yang berlaku.