Inilah Beberapa Penyakit yang Tidak Ditanggung BPJS

By on February 24, 2016 | Artikel ini Sudah di baca 403 kali

Daftar Penyakit yang Tidak Dicover BPJS Kesehatan

Beberapa penyakit yang tidak ditanggung oleh BPJS akan diulas kali ini. Layanan BPJS Kesehatan tidak dipungkiri memberi keringanan tersendiri kepada masyarakat Indonesia. Khususnya terkait biaya kesehatan. Mulai dari penyakit kronis seperti ginjal, liver, jantung, tumor, hingga kanker masuk dalam daftar penyakit yang ditanggung BPJS. Denga demikian, beban tanggungan masyarakat bisa sedikit berkurang.

Baca juga: Langkah-langkah Berobat Menggunakan BPJS

Tidak hanya itu saja. Bisa dibilang seluruh jenis pengobatan dan operasi bermacam penyakit juga dicover BPJS. Misalnya operasi jantung yang seperti Anda ketahui membutuhkan biaya yang tidak sedikit, bisa sampai ratusan juta rupiah. Bagi penderita ginjal ginjal kronis yang mesti rutin melakukan cuci darah 2 kali dalam seminggu juga dapat memperoleh keringanan dengan memanfaatkan layanan BPJS. Jadi bisa dibilang layanan BPJS memang membantu masyarakat tanah air.

Akan tetapi, nyatanya beberapa kondisi pengobatan dan pelayanan kesehatan masuk dalam daftar pengecualian. Adapun berikut ini diberikan beberapa penyakit yang tidak ditanggung oleh BPJS, diantaranya yaitu:

Penyakit yang Disebabkan Ketergantungan Obat

Bagi masyarakat Indonesia yang mempunyai penyakit akibat ketergantungan pada obat-obatan tertentu tidak bisa mendapatkan manfaat layanan BPJS Kesehatan. Pasalnya sudah disebutkan secara jelas dalam peraturan bahwa penyakit karena ketergantungan obat tidak ditanggung oleh BPJS. Hal ini juga berlaku untuk penyakit yang disebabkan karena ketergantungan alkohol.

Baca juga: Apa Perbedaaan JKN dan BPJS Kesehatan?

Penyakit Karena Bencana dan Wabah

Penyakit berikutnya yang juga masuk dalam daftar penyakit yang tidak ditanggung BPJS yaitu penyakit karena bencana dan wabah. Misalnya saja suatu daerah tengah diserang wabah tertentu yang berdampak pada penyakit mematikan. Maka penyakit tersebut tidak dapat mengklaim pengobatan menggunakan kartu BPJS kesehatan.

Ortodonsi (Meratakan Gigi)

Bagi Anda yang menginginkan perawatan gigi khusus seperti memasang bracket dan behel seperlu meratakan gigi, maka Anda tidak bisa menggunakan kartu BPJS. Perawatan tersebut merupakan perawatan spesial bukan karena penyakit tertentu. Untuk melakukan perawatan ortodensi meratakan gigi, Anda memang diharuskan menyediakan uang cukup dengan jumlah tidak sedikit. Namun, layanan kesehatan tersebut tidak termasuk dalam layanan kesehatan yang ditangguh oleh pihak BPJS Kesehatan.

Pelayanan Infertifilitas

Infertil adalah suatu kondisi dimana pasangan suami istri belum bisa mempunyai keturunan lantaran kondisi organ reproduksi yang kurang atau tidak subur. Meskipun pasangan suami istri tersebut kerap melakukan hubungan intim guna segera mendapatkan momongan. Program BPJS dalam hal ini tidak memberi pelayanan infertilitas kepada pasurti yang belum mempunyai anak. Sehingga seperlu mengatasi masalah infertil di rumah sakit pasutri mesti menyediakan dana pribadi.

Baca juga: Pertimbangan Asuransi Swasta atau BPJS

Itulah beberapa penyakit dan layanan kesehatan yang tidak dicover layanan BPJS. Sebenarnya masih ada banyak jenis penyakit dan pelayaan yang juga tidak masuk dalam daftar layanan BPJS. Sebut saja seperti penyakit akibat tindakan menyakiti diri sendiri atau hobi ekstrim yang berisiko mengancam keselamatan. Selain itu, masih ada beberapa jenis pelayanan kesehatan juga tidak ditanggung BPJS. Misalnya pelayanan kesehatan tanpa prosedur standar yang berlaku, pelayanan kesehatan yang dijamin program kecelakaan kerja, pelayanan kesehatan di luar negeri, pelayanan kesehatan yang termasuk pelatihan atau uji coba, pelayanan kesehatan yang bertujuan estetika, dan masih banyak lagi.

Tentu informasi kali ini penting diketahui semua masyarakat Indonesia pada umumnya agar tidak terjadi kesalahpahaman. Pasalnya memang tidak semua penyakit mendapat pelayanan BPJS. Sekian dan semoga ulasan seputar beberapa penyakit yang tidak ditanggung oleh BPJS kali ini memberi informasi bermanfaat.

Incoming search terms:

Program Referral
Keuntungan yang Anda akan Peroleh!

* Penghasilan Tanpa Batas
* Bonus Komisi Yang Dibagikan Setiap Bulan
* Jam Kerja Yang Fleksibel
* Dapat Dilakukan Secara Online Maupun Offline
* Anda Akan Mendapat Pelatihan Yang Komprehensif
* Anda Akan Mendapatkan Pengarahan Konsultasi
* Penghasilan anda; Komisi, Bonus Bounty