Ini Dia Karakteristik Investasi Tanah

By on November 28, 2016 | Artikel ini Sudah di baca 287 kali

Investasi Properti – Pada umumnya, investasi dapat dikatakan sebagai usaha menunda konsumsi saat ini untuk akhirnya dipakai untuk konsumsi di masa yang akan datang ditambah dengan keuntungan yang didapatkan. Singkatnya, Anda menanam modal pada suatu asset kemudian menunggu sampai asset tersebut meningkat nilainya di masa yang akan datang. Investasi sendiri adalah upaya paling tepat dalam melawan laju inflasi yang semakin menggila sekarang ini. Banyak sekali pilihan dalam berinvestasi, salah satunya adalah investasi properti.
Investasi properti kemudian dibagi kembali menjadi beberapa macam, seperti investasi tanah, investasi rumah, investasi apartemen, investasi pertokoan, dan yang lainnya. Setiap macam investasi ini tentunya memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas mengenai karakteristik investasi tanah.

Berikut ini adalah beberapa karakteristik investasi tanah yang bisa Anda pelajari:

  1. Ciri pertama dalam investasi tanah adalah sifatnya yang immobility. Lokasi dan komposisi tiap persil tanah bersifat unik. Aset ini tidak dapat sembarang dipindahkan atau direlokasikan dari satu tempat ke tampat yang lainnya.
  2. Ketika membeli tanah di suatu tempat, pasti Anda akan membandingkannya dengan tanah yang dijual lainnya. Inilah mengapa tiap asset tanah itu unik, entah itu dari segi lokasi, lingkungan, ukuran, maupun kondisinya.
  3. Berbeda dengan asset yang memiliki liquiditas yang tinggi seperti emas, tanah merupakan asset yang tidak bisa sembarang dicairkan menjadi uang tunai dalam jangka waktu yang singkat. Ini tentu saja dikarenakan harga tanah yang membutuhkan jumlah modal yang besar dan waktu transaksi yang lama.
  4. Namun, tanah juga merupakan asset yang memiliki durabilitas tinggi alias bisa bertahan lama. Justru potensi profit semakin meningkat, semakin bertahan lamanya asset tersebut.
  5. Karakteristik investasi tanah lainnya adalah ternyata pasar properti memerlukan campur tangan dari pemerintah. Namun, hal ini membuat modal dan pendanaannya menjadi relatif lebih besar. Belum lagi proses transaksi dan pemindahan hak milik yang membutuhkan waktu yang lama.
  6. Ada beberapa keuntungan yang bisa didapatkan dari karakteristik investasi tanah: Income (Pendapatan), Appreciation (Kenaikan Nilai), dan Added Value (Penambahan Nilai). Pendapatan utama jelas didapatkan ketika tanah tersebut dijual. Sedangkan pendapatan pasif bisa Anda dapatkan ketika menyewakan tanah tersebut. Kenaikan nilai terjadi seiring dengan berjalannya waktu. Penambahan nilai biasanya terpengaruh oleh kemajuan fasilitas yang ada disekitar lokasi tanah.
  7. Karakteristik investasi tanah yang terakhir adalah tidak bisanya dibagi dan harus dijual secara keseluruhan atau utuh. Jadi, agak sulit ketika menemukan pembeli yang ingin membeli tanah yang cocok dengan milik Anda.

Demikianlah beberapa karakteristik investasi tanah yang perlu dipahami. Karakteristik-karakteristik ini juga turut mempengaruhi cara paling tepat ketika membeli tanah untuk keperluan investasi. Semoga bermanfaat.

Incoming search terms:

Program Referral
Keuntungan yang Anda akan Peroleh!

* Penghasilan Tanpa Batas
* Bonus Komisi Yang Dibagikan Setiap Bulan
* Jam Kerja Yang Fleksibel
* Dapat Dilakukan Secara Online Maupun Offline
* Anda Akan Mendapat Pelatihan Yang Komprehensif
* Anda Akan Mendapatkan Pengarahan Konsultasi
* Penghasilan anda; Komisi, Bonus Bounty