Ini Beberapa Alasan Kenapa Gajimu Tak Pernah cukup

By on October 12, 2016 | Artikel ini Sudah di baca 341 kali

Perencanaan Keuangan – Pernahkan kamu melihat ke isi dompetmu sambal berpikir ‘gaji saya sepertinya selalu habis sebelum tanggal gajian berikutnya’? Hal ini banyak dialami oleh terutama pekerja kantoran, baik yang muda maupun sudah cukup berumur.  Sekalipun setiap tanggal gajian tiba kamu merasa gaji akan cukup hingga gajian berikutnya, ditambah dengan tabungan, kenyataannya kamu sering kesulitan menjelang tanggal gajian berikutnya.

Managing Director dari situs pembanding produk keuangan paling populer di Indonesia HaloMoney.co.id, Jay Broekman, menyatakan bahwa sebagai salah satu sumber penghasilan utama kehidupan sehari-hari karyawan kantoran, banyak yang tidak menyadari pentingnya pengelolaan keuangan pribadi.

“Ketika kita menerima uang, langkah pertama yang perlu dipikirkan adalah bagaimana kita akan menggunakan uang tersebut. Ketika kita membiarkan waktu berjalan untuk menghabiskan uang, maka hasilnya adalah pengeluaran-pengeluaran tak terkira yang menghabiskan gaji kita,” kata Jay.

Supaya kamu bisa mengantisipasinya, coba simak 4 alasan tak disangka kenapa gaji tidak pernah cukup:

1. Inflasi

Inflasi merupakan kenaikan harga barang setiap suatu periode. Kalau penghasilan kamu hanya naik sedikit (atau tidak naik sama sekali) sedangkan harga barang dan jasa naik terus setiap tahun, maka gaji kamu akan terus tergerus untuk menutupi kenaikan harga tersebut. Akibatnya, gaji kamu tidak akan bisa menutupi pengeluaran kamu lagi.

2. Besar pasak daripada tiang

Saat awal gajian, kamu mungkin sudah membayangkan berbagai macam pengeluaran yang akan kamu lakukan termasuk jumlah yang mungkin kamu tabung. Kalau kamu tidak menabung di awal saat menerima gaji, maka kemungkinan besar kamu akan membiarkan terus terjadinya pengeluaran karena kamu merasa uangmu masih cukup. Coba kamu tentukan jumlah uang yang mau kamu simpan dan langsung tabung di bank.

3. Tidak membuat budget

JIka memang setelah disimpan sejak awal gajian masih tidak cukup, berarti pengeluaran kamu yang perlu lebih diatur. Coba buat perkiraan pengeluaran yang akan kamu lakukan sepanjang satu bulan dan usahakan untuk mengikuti perkiraan tersebut. Catatlah setiap pengeluaran yang terjadi dan gaji kamu seharusnya bisa cukup untuk menutupi semua pengeluaran yang telah direncanakan sekaligus menabung. Cek artikel ini untuk mengeteahui lebih dalam soal personal budgeting.

4. Gaji kamu memang kekecilan

Coba pikirkan baik-baik dan lakukan riset apakah posisi dan tanggung jawab yang kamu emban di kantormu sekarang memang sesuai atau tidak dengan penghasilan kamu. Jika tidak, kamu bisa mencoba untuk negosiasi ulang gaji kamu atau mencari pekerjaan lain yang memberikan standar gaji yang lebih layak.

 

 

 

 

Artikel ini dipersembahkan oleh HaloMoney

Program Referral
Keuntungan yang Anda akan Peroleh!

* Penghasilan Tanpa Batas
* Bonus Komisi Yang Dibagikan Setiap Bulan
* Jam Kerja Yang Fleksibel
* Dapat Dilakukan Secara Online Maupun Offline
* Anda Akan Mendapat Pelatihan Yang Komprehensif
* Anda Akan Mendapatkan Pengarahan Konsultasi
* Penghasilan anda; Komisi, Bonus Bounty