Ini Alasan Melambungnya Dollar AS

By on May 20, 2013 | Artikel ini Sudah di baca 2,730 kali

Ini Alasan Melambungnya Dollar AS

Rally Dolar AS kelihatannya akan berkelanjutan di bulan-bulan yang akan datang karena penyebab penggeraknya tetap berkelanjutan selama periode tersebut. Pertama, dolar AS memiliki kelebihan terhadap mata uang lainnya. Sebelumnya dolar AS dianggap sebagai harta safe haven, yang biasanya bergerak berlawanan arah dengan saham dan asset berisiko lainnya.

Namun di bulan-bulan belakangan ini USD mulai mengikuti pergerakan saham yang sangat bullish. Tren ini mendapatkan peneguhan minggu lalu, dengan USD melanjutkan minggu-minggu dan bulan-bulan rally terhadap mata uang utama lainnya, bahkan pada saat saham menembus resistan yang sudah berumur 5-10 tahun pada sejumlah indeks global kunci.

Jika ini berlanjut ini adalah perubahan yang sangat besar yang akan mempengaruhi semua pasar asset global.

Salah satu alasan adalah Fed bergerak berlawanan dengan Bank Sentral lainnya. Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, sekarang pasar sedang mengantisipasi the Fed sedang bergerak memperketat moneternya sementara banyak bank sentral utama lainnya seperti BoJ, ECB, RBA dan kemungkinan BoE diantaranya, sedang melonggarkan moneternya lebih jauh.

Pengetatan moneter relatif terhadap mata uang lainnya akan mendorong naik USD, terutama karena hal ini meningkatkan ekspektasi tentang kenaikkan tingkat bunga The Fed.

Sepanjang ekspektasi ini terus ada, maka bisa di ekspektasikan USD akan melanjutkan kenaikkannya.

Alasan lainnya adalah kelemahan ekonomi Uni Eropa berpengaruh terhadap menguatnya dolar AS. Kelemahan EUR mendorong naiknya USD. Peristiwa hari Rabu minggu lalu memberikan suatu contoh dari phenomena ini, dengan EURUSD menyentuh yang terendah dalam satu bulan meskipun data AS yang lemah. Kenapa? Karena data dari Uni Eropa menunjukkan bahwa zona euro, kecuali Jerman, tetap berada dalam resesi yang dalam. Trader telah menjual EUR karena kelemahan yang terus berlangsung ini.

Alasan terakhir adalah optimisme terhadap ekonomi AS. Kekuatan relatif dari ekonomi AS juga menciptakan permintaan USD dengan orang asing membeli asset AS. Poll Bloomberg pada hari Jumat menunjukkan lebih dari 66% percaya bahwa pemulihan ekonomi AS sekarang “berkelanjutan” untuk dua tahun yang akan datang, terutama karena pertumbuhan yang semakin cepat di produksi energi dan kenaikan harga – harga rumah. (Jul Allens, Vibiznews)