Ingin Punya Mobil, Namun Terhalang Kendala Gaji Kecil? Ini Tipsnya

By on April 22, 2016 | Artikel ini Sudah di baca 429 kali

Perencanaan Keuangan – Sepintas, kendaraan pribadi berupa mobil merupakan barang mewah yang hanya dapat dimiliki orang dengan penghasilan lumayan tinggi. Kenyataannya, tidak selalu seperti itu.

Meskipun mobil termasuk dalam kebutuhan tersier (kebutuhan mewah), nyatanya banyak yang mulai menganggap mobil sebagai salah satu kebutuhan utama untuk dimiliki dalam hidup. Mobil sangat membantu untuk bepergian dengan praktis, meskipun memang ada dilema berupa terjebak kemacetan.

Ada banyak faktor yang bisa kamu pikirkan sebelum memutuskan memiliki mobil sendiri, baik yang sifatnya finansial maupun non-finansial. Namun, kalau kamu sudah putuskan untuk punya mobil sendiri, bagaimana cara membelinya kalau gaji kamu minim? Nah, simak empat cara menabungnya sebagai berikut:

1. Rencanakan simulasi tabungan

Sudah mencari informasi mobil incaran kamu? Kalau sudah, cobalah membuat simulasi uang yang bisa kamu tabung. Sebagai contoh, gaji kamu hanya Rp5 juta per bulan dan kamu sanggup untuk menyisihkan 30 persen setiap bulan.

Artinya, kamu mampu menabung sebesar Rp1,5 juta per bulan (30 persen dikali Rp5 juta). Jumlah ini akan berpengaruh terhadap berapa lama waktu yang kamu perlukan hingga tabungan kamu terkumpul untuk membeli mobil.

2. Pilih jenis mobil incaran kamu dengan realistis

Nah, kamu perlu menjadi realistis, jika ingin membeli mobil, tetapi gaji kamu pas-pasan. Saat ini, banyak sekali jenis mobil yang beredar di masyarakat. Pastikan kamu memilih mobil yang tidak membutuhkan biaya perawatan tinggi, cenderung tidak boros bensin, dan harganya juga cukup terjangkau. Utamakan kebutuhan daripada keinginan untuk membeli mobil mewah, demi gaya-gayaan.

3. Cobalah mencari dealer yang menawarkan fasilitas leasing termurah

Kamu bisa saja membeli mobil dengan harga tunai, dan biasanya ada potongan harga yang kamu peroleh jika melakukannya. Namun, tentu akan butuh waktu yang cukup lama untuk melakukannya. Untuk mempercepat proses merasakan punya mobil sendiri, kamu bisa memanfaatkan fasilitas leasing (pembiayaan) mobil dari dealer.

Carilah informasi soal bunga dan uang muka yang harus dibayarkan, dan perkirakan kesanggupan kamu membayar cicilan per bulannya. Berdasarkan simulasi tabungan di atas, kalau kamu menemukan mobil dengan uang muka pembayaran cukup Rp18 juta saja, maka kamu cukup menunggu satu tahun (Rp18 juta dibagi Rp1,5 juta) untuk mendapatkan mobil incaran kamu.

4. Kerja ekstra untuk mencari tambahan penghasilan

Kendala lain yang harus kamu atasi adalah melunasi cicilan setiap bulan. Jika kamu merasa tidak sanggup untuk membayar cicilan setiap bulan, ada baiknya kamu menunda sebentar memiliki mobil sambil mengumpulkan lebih banyak tabungan. Kamu bisa coba untuk berhemat, agar tabungan kamu bertambah lebih cepat.

Sambil menunggu, kamu bisa coba untuk memulai bisnis sampingan sendiri, agar penghasilan kamu bertambah. Dengan begini, kamu malah bisa mengumpulkan uang lebih cepat lagi. Kamu bisa coba mencari-cari peluang bisnis dengan modal minim untuk dilaksanakan.

 

 

 

Artikel ini dipersembahkan oleh: HaloMoney

Program Referral
Keuntungan yang Anda akan Peroleh!

* Penghasilan Tanpa Batas
* Bonus Komisi Yang Dibagikan Setiap Bulan
* Jam Kerja Yang Fleksibel
* Dapat Dilakukan Secara Online Maupun Offline
* Anda Akan Mendapat Pelatihan Yang Komprehensif
* Anda Akan Mendapatkan Pengarahan Konsultasi
* Penghasilan anda; Komisi, Bonus Bounty