Ingin Memulai Investasi Reksadana? Berikut Tipsnya!

By on September 14, 2015 | Artikel ini Sudah di baca 312 kali

Investasi Reksadana – Adakah yang tahu mengenai tips memulai investasi reksadana? Jika Anda bertanya mengenai hal tersebut dan kemudian membaca tulisan di bagian bawah ini, maka Anda sudah menemukan bentuk jawaban yang tepat. Mengapa demikian? Karena kali ini penulis ingin memberikan sedikit informasi yang berkaitan dengan bagaimana seorang pemula bisa memulai investasi reksadana, dan inilah beberapa bentuk tips yang wajib untuk coba dilakukan olehnya :

Menentukan tujuan dari keuangan yang Anda miliki

banyak diantaranya para investor yang melakukan pembelian investasi tanpa mengetahui dengan pasti apa tujuan yang mereka miliki untuk melakukan investasi tersebut. Kebanyakan diantaranya justru hanya memberikan pendapat bahwa investasi dilakukan untuk menabung saja. Padahal apabila dilihat secara mendalam saat melakukan investasi reksadana ada baiknya jika Anda memiliki salah satu bentuk tujuan utama. Mengapa hal ini sangat penting untuk diperhatikan? Karena tanpa adanya tujuan yang pasti Anda tidak akan mengetahui apakah uang yang Anda investasikan tersebut sudah cukup untuk memeuhi keinginan Anda dimasa depan atau pun tidak? Selain itu, dengan tujuan, maka Anda akan lebih meningkatkan jumlah investasi tersebut karena adanya dorongan yang kuat untuk segera mencapai sesuatu yang Anda inginkan tersebut.

Memahami risk dan juga return dari reksadana

saat melakukan investasi ada baiknya apabila Anda mengetahui terlebih dahulu mengenai hukum dari investasi itu sendiri. Bunyi hukum dari setiap jenis investasi adalah keuntungan yang tinggi, maka resiko kerugian pun akan meninggi, dan keuntungan yang rendah, maka resiko kerugian pun berada dalam tingkat yang rendah. Artinya dalam dunia investasi tidak ada bentuk keuntungan yang besar namun resiko kerugian kecil atau pun sebaliknya. Karena itulah apabila Anda ingin mendapatkan bentuk keuntungan yang besar, maka bersiap-siap pula lah untuk menghadapi resiko dari kerugian yang besar pula. Karena itu, apabila Anda megggunakan investasi reksadana, maka hal penting yang wajib untuk Anda perhatikan adalah perbandingan rasio diantara risk dan juga return itu tadi.

Bacalah prospektus reksadana

Prospektus adalah jenis buku panduan manual untuk jenis investasi reksadana, karena itulah buku yang satu ini sangat wajib untuk Anda baca, ketika Anda pertama kali membeli produk investasi reksadana tersebut. Dalam buku prospektus reksadana, juga terdapat beberapa macam bentuk penjelasan dari penawaran yang diberikan oleh reksadana kepada Anda, yang mana bentuk penawaran tersebut sudah mendapatkan beberapa persetujuan dari beberapa pihak yang berwenang yang berkaitabn dengan para pengelola dari reksadana itu sendiri.

Transaksi online pada reksadana

Reksadana juga memiliki bentuk fasilitas online yang disebut dengan reksadana online. Dalam fasilitasnya tersebut, reksadana menyediakan pelayanan untuk Anda dalam melakukan transaksi secara online melalui media internet. Sehingga Anda selaku investor pun tidak perlu bersusah payah untuk melakukan perjalanan pulang pergi menuju kantor reksadana, menyiapkan dokumen atau bahkan melalukan pembelian dan juga penjualan. Hal ini dikarenakan semua kegiatan tersebut kini sudah bisa Anda nikmati melalui fasilitas dari reksadana online tersebut. Untuk jenis reksadana online itu sendiri terdapat dua bagian yang berbeda. Bagian pertama adalah bentuk fasilitas yang disediakan oleh Manajer Investasi dan juga melalui supermarket dari reksadana onine.

Segeralah memulai investasi meskipun dalam jumlah kecil

Apabila Anda memiliki nilai uang yang lebih, meskipun kecil tapi cobalah untuk memulai investasi sejak dini. Hal ini berkaitan dengan beberapa alasan yang bisa saja membuat Anda menjadi lebih disiplin dalam mengkordinir uang yang Anda miliki. Selain itu dengan memulai sejak dini, meskipun dalam jumlah yang kecil Anda bisa saja mendapatkan bentuk keuntungan yang besar, daripada nanti ketika Anda memulainya dengan sangat terlambat dan dalam jumlah yang besar yang mungkin bisa memberikan Anda tingkat kerugian yang tinggi.

Demikianlah beberapa macam bentuk tips memulai investasi reksadana  yang bisa Anda coba terapkan dari saat ini.

Program Referral
Keuntungan yang Anda akan Peroleh!

* Penghasilan Tanpa Batas
* Bonus Komisi Yang Dibagikan Setiap Bulan
* Jam Kerja Yang Fleksibel
* Dapat Dilakukan Secara Online Maupun Offline
* Anda Akan Mendapat Pelatihan Yang Komprehensif
* Anda Akan Mendapatkan Pengarahan Konsultasi
* Penghasilan anda; Komisi, Bonus Bounty