Ingin Bisa Memanjakan Diri Tanpa Mengganggu Tujuan Keuangan Anda?

By on March 16, 2015 | Artikel ini Sudah di baca 3,186 kali

Ingin Bisa Memanjakan Diri Tanpa Mengganggu Tujuan Keuangan AndaPerencanaan Keuangan – Kadang, tak terhindari, ada momen di mana kita ingin belanja demi memanjakan diri. Dan kenapa tidak? Boleh kok. Itu salah satu cara kita menikmati hidup. Malah, rencana keuangan yang mengharuskan Anda hidup bagai budak dan berhemat mati-matian tiap hari sesungguhnya adalah rencana keuangan yang tidak sehat. Menabung demi menikmati masa pensiun memang penting. Tapi menikmati tahun-tahun terbaik dan paling aktif dari kehidupan Anda tak kalah pentingnya.

Anda berhak memanjakan diri. Kadang. Sesekali. Anda butuh itu untuk selalu ingat, kenapa Anda bekerja begitu keras, kenapa Anda menabung begitu banyak. Sebaliknya, boros tanpa terkendali bisa melukai keuangan Anda. Tumpukan tagihan kartu kredit bisa membuat Anda pusing tujuh keliling.

Sesekali Anda perlu membeli hadiah untuk orang-orang tersayang. Mungkin juga berlibur. Atau makan enak di restoran mewah. Juga merayakan beragam peristiwa istimewa. Semua itu bisa Anda lakukan tanpa mengurangi kesehatan keuangan Anda.

Terus Menabung walau Sesekali Memanjakan Diri

Anda suka belanja ini-itu, tapi juga ingin menabung demi masa depan. Kedua kebutuhan ini bisa saja tidak saling mengganggu. Sambil sesekali boros, coba terapkan beberapa strategi berikut:

1.  Kurangi makan di luar, bawa bekal makan siang ke kantor.

2.  Rawat dan gunakan mobil lama kalau memungkinkan.

3.  Gunakan transportasi umum.

4.  Sewa DVD ketimbang nonton di bioskop.

5.  Rancang bujet bulanan, putuskan seberapa banyak uang tunai yang akan Anda butuhkan untuk memenuhi segala macam pengeluaran. Tarik dari ATM sejumlah yang telah Anda bujetkan pada bulan itu.

6.  Pilih liburan lebih singkat di lokasi yang tidak terlalu jauh. Terbang dengan maskapai murah. Rencanakan liburan itu jauh sebelumnya supaya Anda bisa mencari penawaran terbaik.

7.  Temukan cara-cara kreatif untuk mengurangi tagihan rutin bulanan. Cari ide-ide menghemat uang dari internet.

8.  Awasi penggunaan ponsel. Pilih paket data yang paling efektif.

Kiat Membatasi Hasrat Boros

1.  Sebelum mulai belanja gila-gilaan saat liburan, amati arus kas Anda. Buat daftar pendapatan dan pengeluaran rutin. Catatan itu akan memberi tahu, seberapa kuat bujet Anda terbebani belanja tambahan di luar rutinitas.

2.  Buat daftar belanjaan, cantumkan hadiah apa saja yang Anda perlu beli. Tetapkan batasan harganya. Bawa daftar itu saat belanja. Dan patuhi! Belanja tanpa daftar belanjaan sama seperti beli bahan makanan saat Anda lapar. Boros susah terkendali risikonya.

3.  Belanjalah dengan cerdas. Mungkin apa yang Anda inginkan tersedia di internet dengan harga lebih murah ketimbang di toko? Manfaatkan promo dan diskon untuk membeli barang-barang yang Anda gunakan secara rutin maupun barang-barang besar.

4.  Kini makin banyak orang bertukar barang. Carilah situs di internet yang menyediakan layanan tukar-menukar. Atau di komunitas terdekat. Dari sana Anda bisa peroleh bukan hanya penawaran murah, tapi juga barang-barang yang sulit Anda temukan di tempat lain.

5.  Kalau menggunakan kartu kredit untuk belanja, lunasi seluruh tagihannya tiap bulan. Kreditur menetapkan suku bunga tinggi untuk sisa tagihan kartu kredit. Kalau Anda tidak sanggup melunasinya, carilah kartu kredit dengan suku bunga lebih rendah.

 

Sumber: mywealth.co.id