Info Investasi Reksadana yang Terbaik

By on October 3, 2013 | Artikel ini Sudah di baca 3,165 kali
Investasi-Resadana

Info Investasi Reksadana yang Terbaik

Dalam berinvestasi menggunakan reksadana, info investasi reksadana menjadi satu hal yang wajib diketahui. Namun investasi satu ini juga termasuk salah satu investasi modern dengan konsep yang sederhana. Belum begitu banyak orang yang benar-benar mengenal dan mengetahui info investasi reksadana baik dari kalangan urban maupun sub-urban. Meski begitu, investasi reksadana sedang mengalami peningkatan peminat dari mulai yang sekadar penasaran bahkan sampai yang benar-benar serius. Salah satu satu pemicunya kemungkinan karena harga emas yang mengalami penurunan beberapa waktu ini. Statistik menunjukkan investasi reksadana mengalami peningkatan signifikat hingga 30%.

Pertama kali ketahui adalah definisi reksadana itu sendiri. Investasi reksadana merupakan produk investasi dengan sistem pengumpulan dana yang berasal dari pihak investor yang dilakukan oleh suatu perusahaan. Perusahaan tersebut tentunya adalah perusahaan yang punya kapabilitas mengayur keuangan dimana diwakili oleh tim manajer investasi. Kemudian, dana yang dikumpulkan tersebut akan diinvestasikan lagi dalam bentuk portofolio efek. Dari sini kita bisa melihat bahwa investor tidak terjun ke pasar jual-beli efek namun diwakili oleh pihak manajer investasi.

Info Investasi Reksadana tentang Prosedurnya

Pihak manajer investasi sendiri akan membuat laporan tentang investasi para investor biasanya setiap sepekan. Dana yang terkumpul dari banyak investor tersebut tentu saja sangat banyak sekali. Risiko pasti ada namun kalau dicermati tentunya tidak terlalu besar jika dibandingkan investor melakukannya secara tunggal. Lagipula, dana yang masuk ke investasi reksadana diawasi secara ketat oleh pihak badan khusus dalam pasar modal yaitu Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan atau Bapepam. Hal ini dilakukan guna meminimalisir kemungkinan penipuan.

Info investasi reksadana mengenai kontraknya juga tidak dilakukan secara langsung ke pihak manajer investasi. Berbalik dari itu, cara pengumpulan dana adalah secara kolektif. Untuk kontrak yang dilkukan perorangan secara langsung ke pihak manajer investasi disebut sebagai Kontrak Pengelolaan Dana atau KPD. Namun, KPD cenderung berujung pada penipuan. Ada beberapa yang melakukan hal ini karena ingin memperoleh keuntungan lebih daripada investasi reksadana. Hal ini juga telah diinstruksikan untuk segera dilakukan pembahasan tentang regulasinya.

Namun yang pasti, investasi reksadana sendiri termasuk salah satu investasi yang direkomendasikan. Khususnya yang tidak ingin begitu disibukkan oleh pengelolaan investasi, reksadana sangat mudah dan tidak harus benar-benar menyediakan waktu yang banyak untuk berkecimpung di dalamnya. Produk ini juga sebagaimana telah disinggung diawasi oleh pihak Bapepam dan telah memperoleh izin pemerintah mengenai regulasinya. Anda yang ingin mencoba Reksadana juga tidak diberatkan dengan biaya yang cukup tinggi untuk memulai. Dengan dana minimal Rp 250,000, Anda sudah bisa berinvestasi dengan reksadana! Demikian info investasi reksadana, semoga bermanfaat bagi Anda sekalian!