Identitas Merek, Ciri Khas Yang Menonjolkan Perusahaan Anda

By on June 3, 2015 | Artikel ini Sudah di baca 2,173 kali

Start-Up Bisnis – Apakah Anda pernah bertanya-tanya bagaimana perusahaan-perusahaan besar seperti Sony dan Adidas mampu membangun citra perusahaan mereka? Seberapa pentingkah  ini dalam mempromosikan produk atau jasa mereka masing-masing? Jawabannya sederhana: dengan menciptakan identitas yang unik dan mengesankan. Dan bagaimana mereka dapat melakukan hal ini? Dengan menyewa disainer identitas merek. Sekarang, apa yang dimaksud dengan disain identitas merek ini dan disainer identitas merek tersebut?

Telah dikatakan bahwa identitas merek yang baik dan kuat adalah senjata paling ampuh dalam gudang senjata pemasaran. Menciptakan merek yang abadi, khas dan kuat dapat membantu bisnis Anda atau produk berdiri lebih tinggi di antara para pesaing Anda. Disain identitas merek dikaitkan dengan aspek visual dari sebuah perusahaan atau identitas bisnis maupun merek. Identitas merek merupakan satu hal tentang bagaimana sebuah perusahaan ingin dilihat dan bagaimana perusahaan menggambarkan citra mereka. Dan bagaimana dan di mana ia dilihat, apa yang tampak dan terasa seperti sepenuhnya tergantung pada produk perusahaan.

Identitas merek sebuah perusahaan dapat direpresentasikan melalui logo unik atau tanda yang sering dimasukkan pada semua bahan perusahaan seperti alat tulis, kartu nama, kemasan dan sebagainya. Disain identitas merek adalah apa yang sering membantu pelanggan untuk mengingat perusahaan dan disain identitas merek yang tepat dapat menjadi salah satu alat pemasaran perusahaan yang terbaik seperti mengubah visi dan nilai-nilai perusahaan menjadi sebuah gambar yang membuat pelanggan menjadi akrab. Sebuah identitas visual yang baik atau citra visual juga penting untuk hampir semua bisnis seperti yang sering membuat  menarik orang-orang yang tidak dibuat tertarik oleh kata-kata dan angka saja.

Untuk dapat membuat disain identitas merek yang baik dan efektif, disainer identitas merek menyewa banyak perusahaan. Disainer identitas merek membuat logo, materi promosi, dan program periklanan yang mempromosikan dan membangun identitas perusahaan. Tugas mereka adalah untuk menyediakan cara-cara baru dan inovatif dalam menggabungkan gambar dan kata-kata untuk mengungkapkan pesan utama dari perusahaan. Seorang disainer identitas merek yang baik harus memiliki inovasi dan keterampilan pemecahan masalah. Tipografi dan ilustrasi sebagai bidang utama di mana disainer identitas merek harus unggul. Selain itu, disainer merek identitas menggunakan disain dan pemikiran strategis untuk membantu perusahaan menemukan identitas merek yang tepat yang akan membantu mereka menonjol di pasar kompetitif.

Sederhananya disain identitas merek adalah pendekatan artistik dan praktis yang berfokus pada kebutuhan perusahaan di berbagai bidang seperti pemasaran, merek produk, kemasan, komunikasi dan disain website. Jadi, jika Anda adalah pemilik bisnis yang ingin menciptakan identitas yang baik dan langgeng di pasar, mungkin bantuan profesional desainer identitas merek dapat menguntungkan Anda.