Ide Bisnis Kecil-Kecilan

By on February 24, 2015 | Artikel ini Sudah di baca 3,541 kali

Ide Bisnis Kecil-KecilanInspirasi Bisnis – Apabila saat ini Anda sedang berkeliling-keliling di sekitar kompleks Anda untuk mencari ide bisnis, maka tidak perlu jauh-jauh lagi. Cobalah tengok halaman belakang rumah Anda, dan pikirkan sejenak, apa yang bisa Anda hasilkan darinya. Karena seringkali, sebuah bisnis bisa saja dimulai dari halaman belakang rumah Anda. Nah, untuk membantu Anda berpikir, berikut adalah 5 ide usaha kecil yang menguntungkan untuk dikerjakan dari halaman belakang rumah Anda.

Bisnis es balok

Bagi Anda yang hidup di kota-kota besar dengan iklim yang panas seperti Surabaya, Jakarta, dan kota-kota yang dilalui garis khatulistiwa, sudah pasti, es adalah kebutuhan sehari-hari Anda. Apalagi di musim kemarau seperti sekarang. Dan di sepanjang jalan, Anda bisa dengan mudah menemukan penjual minuman dingin. Tapi, siapa yang akan menjual es batu bagi mereka? Nah, di sinilah kesempatan Anda. Bisnis balok es melibatkan penggunaan freezer untuk membuat balok es dalam wadah atau kantong plastik. Anda tentu harus memastikan air yang Anda gunakan adalah air bersih. Jaminan air bersih inilah yang dapat Anda tawarkan sebagai nilai unggul kompetisi Anda melawan es-es lain yang seringkali diproduksi dari air yang  tidak higienis dan bikin sakit.

Cuci bersih

Kalau es batu laris di musim kemarau, maka layanan seperti cuci bersih seperti laundry kiloan dan cuci mobil / motor akan sangat laris di musim hujan. Sebab saat itu, orang-orang dengan mudah kena lumpur di perjalanan. Mereka punya banyak cucian, namun sedikit waktu untuk mencuci sendiri. Di sinilah mereka akan butuh jasa Anda. Jika halaman belakang rumah Anda cukup besar untuk menjemur pakaian, dan mulai membuat uang, maka bisnis ini mungkin sangat cocok bagi Anda.

Ternak hewan

Misalnya peternakan unggas. Anda bisa menyesuaikan sendiri jumlah unggas yang bisa Anda tampung sesuai budget dan luas halaman Anda. Biaya ini termasuk bikin kandang, pakan, dan obat-obatan. Pengelolaan sampah sangat penting. Jika tidak ditangani dengan baik, hal ini akan mempengaruhi pertumbuhan unggas. Seekor unggas rata-rata dapat menghasilkan 730 butir telur dalam 2 tahun. Selain unggas, ada pula alternatif lain, yaitu ikan, dan kelinci. Kelinci domestik (Oryctolagus cunniculus) adalah ternak yang produktif. Lebih produktif daripada babi, kambing atau domba. Mereka memiliki periode kehamilan yang sangat singkat (27-33 hari) dan dapat rebreed segera setelah melahirkan. Biar bagaimanapun, beternak harus cerdas. Anda menghadapi resiko kematian ternak yang massal dan mendadak. Maka Anda harus membagi modal Anda untuk dua atau tiga kali percobaan.

Hortikultura

Atau seni berkebun, adalah studi tentang menumbuhkan bunga, buah-buahan, dan sayuran. Termasuk bikin bonsai dan tabulampot. Hal terbaik tentang bisnis ini adalah Anda bisa mulai dengan apapun yang Anda miliki. Apalagi jika Anda hobi. Anda dapat memulai dengan menanam dalam jumlah yang kecil di sekitar rumah Anda, dan memeliharanya dengan baik. Jika hasilnya baik, orang-orang akan berdatangan dan mengagumi karya Anda. Selain itu, alternatif berkebun lain adalah tanaman herbal. Mengingat belakangan ini sedang tren segala macam berbau herbal seperti obat-obatan, teh, sabun, lilin hingga aromaterapi. Konsumen Anda bisa jadi grosir distributor untuk produsen produk kesehatan, toko dan restoran, atau Anda dapat menjual langsung.

Keripik

Setelah mengupas kulitnya, buah-buahan yang masih mentah dapat diiris (1 atau 2 mm) dan digoreng dalam minyak panas untuk menghasilkan keripik. Mereka juga dapat diiris vertikal untuk menciptakan variasi. Atau diberi bumbu-bumbu. Pastikan Anda menempelkan label produk Anda sebelum mendistribusikannya. Semakin banyak yang Anda hasilkan, semakin banyak uang yang Anda hasilkan, dan semakin populer keripik Anda. Lagipula mayoritas orang Indonesia mencintai keripik.

 

Sumber: studentpreneur.co