Hitung-Hitung Biaya Masa Depan, Investasi lah dari Sekarang!!

By on November 15, 2016 | Artikel ini Sudah di baca 454 kali

Edukasi – Di berbagai bahasan mengenai investasi, kalimat “menabung saja tidaklah cukup” seringkali ditemukan. Rasanya memang begitulah kenyataannya, mengingat inflasi yang terus naik dan mempengaruhi kebutuhan hidup sehari-hari. Sangat tidak mengherankan jika menabung saja tidaklah cukup. Kebanyakan karyawan sudah merasa terlalu cukup dengan gaji yang diterimanya tanpa memiliki kesadaran untuk berinvestasi. Bila begini keadaannya, hampir mustahil Anda bisa mencapai hidup yang nyaman ketika pensiun nanti. Pada umumnya, penghasilan di masa pensiun akan mengalami penurunan yang signifikan ketika dibandingkan dengan saat masa produktif. Cobalah hitung-hitung biaya masa depan, dan mulai berinvestasi lah dari sekarang juga.

Karena usia produktif manusia memiliki batas, maka cobalah lirik peluang investasi sejak dini. Entah itu karyawan yang memiliki penghasilan tetap maupun para pemilik usaha yang penghasilannya tidak menentu. Apa salahnya menyisihkan sebagian penghasilan untuk berinvestasi?

Dalam hitung-menghitung, jelas tidak lengkap jika tidak dibarengi dengan ilutrasi. Berikut ini adalah ilustrasinya:

Misalnya saja Anda saat ini sudah mencapai usia 30 tahun dan berpenghasilan 8 juta. Anggap saja Anda menabung setiap bulannya sebesar 800 ribu ke tabungan dan mendapatkan imbal hasil sebesar 5% setiap tahun. Kemudian Anda pensiun di umur 60 tahun, saldo tabungan yang berhasil terkumpul adalah 302 juta. Memang jumlah yang cukup lumayan. Namun, hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari selama dua 20 tahun mendatang.

Bagaimana halnya dengan berinvestasi? Masih dengan ilustrasi diatas, tentu Anda memiliki waktu 30 tahun sebelum pensiun untuk berinvestasi. Dengan menyisihkan minimal 1,5 juta atau lebih baik 30% dari penghasilan untuk berinvestasi (misalnya Reksadana Saham dengan return 20% per tahun), secara sistematis saldo investasi Anda setelah pensiun adalah 648 juta. Pastinya lebih besar daripada sekedar menabung saja, bukan begitu?

Masih banyak sebenarnya ilustrasi hitung-hitungan untuk biaya di masa depan, seperti biaya pendidikan anak, biaya perjalanan ritual (haji), biaya rekreasi, biaya kesehatan, dan masih banyak yang lainnya. Karena inilah sangat disarankan untuk berinvestasi dari sekarang juga, sebelum semuanya terlambat. Banyak sekali pilihan instrumen investasi selain reksadana, mulai dari investasi properti, investasi saham, dan juga investasi emas. Semuanya bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan juga profil resiko Anda.

Selain menyisihkan sekitar 20-30% dari penghasilan bulanan untuk berinvestasi, Anda juga perlu menentukan jangka waktu berinvestasi yang tepat. Ini tentu saja untuk menyesuaikan dengan instrument investasi yang Anda pilih. Sangat baik jika Anda menyebarkan investasi Anda ke berbagai jenis investasi. Cobalah untuk memonitor kinerja investasi Anda minimal setiap tahunnya untuk melihat perkembangan atau mungkin penurunan yang terjadi. Semua keputusan ada di tangan Anda, kini saatnya untuk bertindak. Semoga bermanfaat.

Program Referral
Keuntungan yang Anda akan Peroleh!

* Penghasilan Tanpa Batas
* Bonus Komisi Yang Dibagikan Setiap Bulan
* Jam Kerja Yang Fleksibel
* Dapat Dilakukan Secara Online Maupun Offline
* Anda Akan Mendapat Pelatihan Yang Komprehensif
* Anda Akan Mendapatkan Pengarahan Konsultasi
* Penghasilan anda; Komisi, Bonus Bounty