Hindari Penipuan Investasi Properti,Telusuri Jejak Pengembang!

By on August 12, 2016 | Artikel ini Sudah di baca 947 kali
Broker Ilegal

Investasi Properti – Hindari Penipuan Investasi Properti, Telusuri Jejak Pengembang!  Bagi kita yang berpikir jauh ke depan, tentu hal ini sangatlah krusial ketika kita bersedia menginvestasikan harta kita dalam bentuk property. Untuk itu ada beberapa poin secara garis besar yang tidak boleh dilupakan. Antara lain faktor legalitas dan reputasi dari pengembang itu sendiri.

Banyaknya kasus pengembang yang tidak bertanggung jawab, mengorbankan pembeli dengan mengabaikan perizinan dan kerjasama yang baik, hal ini menjadi perhatian para pakar hukum dan properti. Berikut ini beberapa ciri pengembang yang berkompeten di bidang properti, yaitu:

  • Pengembang tersebut tergabung dalam asosiasi pengembang. Dengan begitu, konsumen yang merasa dirugikan dapat memanggilnya melalui lembaga tersebut.
  • Jumlah proyek. Semakin banyak jumlah proyek yang telah diselesaikan dengan sempurna, akan semakin memudahkan pembeli untuk mengecek kualitas pekerjaan sebelum memilihnya.
  • Sudah lama menggeluti bisnis properti secara serius, sebagai bisnis utamanya. Terkadang dengan motivasi uang seseorang tidak focus pada satu bidang pekerjaan. Padahal jam terbang dan keseriusan merupakan kualitas pekerjaan seseorang.

Lalu, bagaimana saya mengetahui pengembang tersebut kredibel atau tidak?

Berikut ini ada beberapa hal yang perlu kita diperhatikan, antara lain:

Reputasi yang baik.
Hal ini dapat terlihat dari caranya mengelola proyeknya. Selain dengan melihat sendiri, kita juga dapat bertanya langsung mengenai reputasi pengembang tersebut kepada para pembeli.

Rumah contoh.
Pastikan pengembang tersebut mempunyai rumah contoh. Setidaknya dengan mempunyai rumah contoh, kita semakin mempunyai gambaran seperti apa rumah yang nantinya akan dibangun. Dan kita juga bisa mengajukan berbagai pertanyaan yang kita perlu tahu, misalnya mengenai fasilitas dan mengenai izin dari rumah hasil proyeknya.

Aspek legalitas
Aspek yang terkadang cukup rumit, namun penting menyangkut kepemilikan dan keabsahan di mata hukum. Apakah status kepemilikan apartemen yang kita inginkan, misalnya, juga harus jelas. Dalam hal memilih pengembang, pakar hukum properti Erwin Kallo mengingatkan agar calon konsumen berhati-hati memilih.
“Konsumen harus mencari info lebih banyak menyangkut pengembang tersebut, dan lokasi yang ditawarkan. Hati-hati bila merasa pengembang tersebut tidak profesional,” kata Erwin.

Fasilitas perumahan.
Ada baiknya sebagai pembeli Anda mengecek langsung fasilitas yang disediakan pengembang. Hal ini termasuk cukup penting untuk diperhatikan juga, mengingat Anda ingin property Anda dihargai tinggi jika suatu saat Anda ingin menjualnya kembali.

Manajeman yang baik.
Sekali lagi, dengan property sebagai bidang utama bisnisnya, pengembang lebih focus mengelola dengan baik hingga selesai. Dengan bersedia menyerahkan uang muka kepada pengembang, berarti kita harus memastikan janji pengembang hingga urusan serah-terima kunci.

Adanya kerjasama dengan pihak bank.
Banyaknya perbankan yang menjalin kerjasama dan menyalurkan kredit untuk proyek perumahan, ditambah waktu yang tidak sebentar, hal ini bisa menjadi salahsatu indikator mengenai kredibilitas pengembang.

Dengan upaya kita untuk menjadi konsumen yang pintar, kita jadi tahu bahwa bukan hanya ketersediaan uang yang kita perlu pikirkan demi memiliki properti idaman. Demikian ulasan tips Hindari penipuan investasi properti, telusuri jejak pengembang!

Program Referral
Keuntungan yang Anda akan Peroleh!

* Penghasilan Tanpa Batas
* Bonus Komisi Yang Dibagikan Setiap Bulan
* Jam Kerja Yang Fleksibel
* Dapat Dilakukan Secara Online Maupun Offline
* Anda Akan Mendapat Pelatihan Yang Komprehensif
* Anda Akan Mendapatkan Pengarahan Konsultasi
* Penghasilan anda; Komisi, Bonus Bounty