Hindari Penipuan Berkedok Investasi Emas

By on July 21, 2015 | Artikel ini Sudah di baca 578 kali

Investasi emas memang sangat menggiurkan. Profit yang dihasilkannya sangat berlipat dan bisa memicu perbaikan tarif ekonomi seseorang. Namun jangan mudah terkecoh oleh berbagai kasus penipuan berkedok investasi emas. Sudah banyak korban yang mengalami kerugian besar dan bahkan mencapai milyaran Rupiah. Nah, demi menghindari modus penipuan investasi dalam bentuk emas yang sangat merugikan ini, Anda wajib mewaspadai setiap model penawaran semacam itu. (Baca juga: Waspada Penipuan Investasi Emas)

Mengenali Modus

Bentuk penipuan yang menawarkan model investasi dalam bentuk emas ini bermacam-macam. Namun modelnya yang kerap dijumpai ialah arisan berantai. Sekilas, model penawaran ini terlihat biasa-biasa saja, namun skema penipuan yang diterapkan begitu sistematis sehingga kurang disadari oleh kebanyakan orang.

Salah satu tawaran yang terkesan menggiurkan adalah profit investasi sebesar lima persen yang akan disetorkan kepada Anda setiap bulannya. Memang benar bahwa harga emas akan selalu meningkat namun dalam kurun waktu yang panjang, biasanya setahun. Sementara itu, tidak setiap bulan harga emas akan bertambah naik karena kadang-kadang juga menurun. Dari situ saja sudah terlihat indikasi penipuan yang sedang terjadi; apakah profit sebesar itu akan selalu bisa diperoleh secara rutin? (Baca juga: Ciri Penipuan Investasi Emas)

Skema penipuan ini juga diterapkan sama seperti halnya model arisan berantai, atau mungkin lebih menyerupai jenis MLM (Multi Level Marketing). Dana dari semua anggota akan dikumpulkan lalu dibagikan ke setiap anggota berdasarkan level. Skema semacam itu akan mengaburkan sumber dana profit yang ditawarkan oleh pihak penipu.
Perlahan-lahan, skema penipuan itu akan semakin berkembang pesat dan menarik perhatian banyak orang. Saat itulah modus investasi emas kian mengancam  banyak orang. Sebab kerugian yang akan ditanggung sangatlah besar dan bisa berpengaruh sangat buruk pada kondisi keuangan. Modus penipuan ini sebenarnya juga akan mudah terkuak seiring dengan kesulitan yang dialami oleh pihak penipu. Salah satunya ialah kesulitan menemukan anggota baru sehingga tak mampu lagi membayar profit yang telah dijanjikan. Nah, risiko terburuk ialah melarikan semua jumlah dana yang telah dikumpulkan oleh pihak penipu tersebut.

Menghindari Penipuan Investasi dengan Emas

Lalu, adakah cara untuk menghindari penipuan yang menawarkan investasi dengan emas ini? Pertama-tama ialah tidak mempercayai langsung apa pun yang sedang ditawarkan. Jika ada yang menawarkan bunga investasi yang jauh lebih besar dari rata-rata deposito di bank, jangan langsung mempercayainya. Perlu diketahui bahwa dalam setahun, bunga deposito biasanya sekitar 5 hingga 10 persen. Itu pun masih tergantung pada jenis investasi deposito yang dilakukan. Nah, kalau ada yang menawarinya untuk waktu hanya setiap bulan, Anda wajib mewaspadainya. Sebab hal itu sangatlah mustahil terjadi dalam dunia perbankan.

Cara berikutnya untuk menghindari risiko penipuan investasi dengan emas ialah mengecek legalitas dan reputasi pihak tersebut. Misalnya saja pihak tersebut mengatasnamakan perusahaan tertentu, Anda harus segera mengecek segala informasi yang terkati dengannya. Sudah berapa lama model layanan tersebut dijalankan dan apakah benar-benar sesuai dengan yang mereka janjikan selama ini? Jika perusahaan tersebut sekali pun tidak pernah terdaftar secara resmi, jangan mau ambil risiko. Lebih baik Anda menyimpan emas Anda di tempat yang lebih aman. Toh, masih banyak pilihan tempat yang bisa Anda pilih untuk investasi dengan cara yang sangat aman. Biasakanlah untuk selalu waspada dan cermat dalam memeriksa setiap penawaran yang ujung-ujungnya berbau mencurigakan. Silakan mempersiapkan diri sebaik-baiknya demi menghindari risiki penipuan investasi emas.