Hati-Hati Terhadap Emas Batangan Palsu!

By on October 10, 2016 | Artikel ini Sudah di baca 849 kali

Penipuan Investasi – Sebagai seorang yang melakukan kegiatan ekonomi dengan berbisnis khususnya dengan menggunakan emas sebagai alatnya, harus hati-hati terhadap emas batangan palsu. Hati-hati terhadap emas batangan palsu merupakan kewaspadaan yang harus diperhatikan para pelaku investasi emas. Banyaknya pelaku investasi emas saat ini yang menjadikan para penipu memilih untuk bermain-main dengan emas batangan ini. Sehingga, para peminat investasi dengan emas yang menjadi barangnya harus bisa mengenali emas yang asli dan yang palsu itu bagaimana sebagai bentuk dari hati-hati terhadap emas batangan palsu.

Cara dalam hati-hati terhadap emas batangan palsu yang pertama, bahwa emas palsu secara keseluruhan emas tersebut bukan sepenuhnya emas. Emas batangan palsu ini ternyata dicampur dengan berbagai bahan logam lain seperti tembaga, nikel, atau kuningan serta berbagai logam lainnya. Dalam mengetahuinya kita bisa mengetesnya dengan mendekatkan emas ini pada media magnet. Jika emas palsu sudah pasti emas ini akan menempel pada magnet tersebut karena adanya bahan campuran logam lain tersebut.

Kedua, Cobalah jatuhkan emas tersebut. Apabila emas tersebu mengeluarkan bunyi nyaring sudah dipastkan emas tersebut merupakan emas palsu. Ketiga, cobalah tusukkan pada jarum. Ketika emas yang ditusukkan pada jarum tersebut membuat jarum bengkok maka emas tersebut merupakan emas palsu. Harus diketahui bahwa emas asli memiliki sifat yang lembut serta lembek. Keempat, cobalah untuk digosokkan pada keramik. Ketika emas tersebut meninggalkan goresan atau garis hitam pada keramik yang digosoknya maka emas tersebut adalah palsu. Sama seperti halnya goresan atau garis yang ditinggalkan pada keramik, cara ini juga bisa diulang pada kaca. Emas yang merupakan emas palsu sudah pasti akan meninggalkan goresan apabila digoreskan pada kaca. Emas palsu juga akan membuktikan dirinya palsu dengan dicampurkan pada zat asam sulfat maupun klorida. Apabila dicampur maka akan terlihat campuran zat yang dicampurkan pada emas tersebut.

Lebih modern lagi adalah dengan membeli alat elektronik yang dapat menguji keaslian dari emas ini. Walaupun harganya lebih mahal, namun kita harus ingat manfaatnya. Mengingat kita akan berinvestasi. Dan jika emas yang digunakan dalam investasi ini palsu bukan keuntungan yang akan didapatkan melainkan kerugian besar. Apabila kita ingin mendapatkan cara yang lebih praktis lagi datang saja ke toko emas. Di sana biasanya pengujian akan dilakukan dengan sistem sinar X.  Toko emas yang lebih berpengalaman akan lebih banyak memberi tahu Anda dan sudah pasti dijamin kebenarannya. Minta juga secara langsung jika ingin membedakannya sendiri dengan cara sederhan. Namun, akan lebih baik dengan mengunjungi toko emas saja dalam pengujian emas ini. Ini dikankarena lebih efektif, terjamin keasliannya juga terhitung murah dan kita tidak perlu khawatir salah mengujinya.