Hati-Hati!! Bisnis Keluarga Ternyata Beresiko

By on November 3, 2014 | Artikel ini Sudah di baca 2,767 kali
Hati-Hati!! Bisnis Keluarga Ternyata Beresiko

Start-Up Bisnis – Berbisnis dengan keluarga seharusnya menjadi kegiatan menyenangkan mengingat Anda bebas berkomunikasi tanpa rasa canggung.

Sayangnya, bisnis keluarga ternyata dapat menjadi salah satu usaha paling berisiko hingga mampu memecah hubungan persaudaraan.

Mengutip laman Inc.com, pengusaha kawakan Norm Brodsky menyarankan agar para pengusaha tidak memulai bisnisnya bersama saudara kandung atau kerabat dekat lain.

Sebelum ikut menerjunkan diri pada bisnis keluarga, mantan CEO CitiStorage ini juga meminta pengusaha untuk memikirkan dampaknya matang-matang.

“Saya tidak pernah mulai bisnis bersama keluarga tapi mengajak adik ipar saya untuk terlibat. Tapi kami tidak sevisi dan akhirnya saya memecat dia,” ujarnya.

Lantaran memecat suami adiknya, saudara perempuannya tak mau berbicara dengan dia satu patah katapun selama 20 tahun.

Dia menjelaskan, berseteru masalah bisnis dengan rekan pengusaha sangat berbeda rasanya saat harus berpisah dengan saudara kandung lantaran usaha yang tengah dijalani. Kerusakan hubungan itu berdampak negatif pada bisnis dan kehidupan pribadi.

“Saya punya teman yang dipecat oleh kedua saudaranya dari bisnis perhiasan. Dia merasakan sakit hati yang tampaknya tak akan pernah bisa hilang hingga sekarang,” kisahnya.

Beberapa orang mungkin akan beranggapan bahwa dengan mengetahui saudara kandung dengan baik, Anda dapat memiliki peluang rekanan yang lebih baik. Itu mungkin benar, tapi membangun bisnis akan dihiasi rasa stres yang menguji hubungan persaudaraan.

Namun, hal ini jangan dijadikan pemahaman utama bahwa jika memulai bisnis bersama keluarga akan selalu beresiko. Karena banyak fakta bahwa sebagian kerjasama dengan saudara kandung dapat menghasilkan bisnis keluarga yang super hebat. Kami hanya ingin membantu Anda untuk lebih memahami apa saja resiko yang akan terjadi, sehingga Anda lebih siap untuk memulai bisnis yang akan Anda bangun.

 

 

 

 

 

 

Sumber: LIPUTAN6