Haruskah Polis Asuransi Jiwa Anda Ditulis Dalam Trust?

By on May 27, 2015 | Artikel ini Sudah di baca 1,883 kali

Asuransi – Di negara maju seperti Inggris, hanya 1% dari polis asuransi jiwa yang ditulis dalam trust. Nah dapat dibayangkan bukan jika di Inggris hanya 1%, pasti di Indonesia tidak sampai 1%. Dan itu sebenarnya  memalukan dan berdampak buruk pada industri keuangan.

Mari kami jelaskan. Jika polis asuransi jiwa Anda “Ditulis dalam Trust” kemudian, dalam hal klaim, perusahaan asuransi membayar secara langsung kepada penerima manfaat nama Anda pada kebijakan. Signifikansi hal ini mudah terjawab.

Ini berarti bahwa jika polis tersebut “Ditulis dalam Trust”, hasil dari polis tidak pernah menjadi bagian dari hukum riil dan tidak dikenakan Pajak Warisan. Pentingnya ini digambarkan oleh tokoh-tokoh berikut:

Taruhlah Tuan A. Dia duda dan ingin meninggalkan segalanya sama dan sebanding untuk kedua putranya. Ia memiliki rumahnya yang saat ini bernilai Rp.3.500.000.000,00 dengan hipotek yang beredar senilai Rp. 135.000.000,00. Investasinya senilai Rp. 702.000.000,00 serta mobil dan harta benda lainnya senilai Rp.250.000.000,00. Ia juga memiliki sebuah polis asuransi jiwa senilai Rp.1.350.000.000,00 yang tidak tertulis dalam trust. Kami berasumsi bahwa biaya administrasi tanah miliknya dan memperoleh pengesahan hakim sekitar  Rp.67.500.000,00.

Jika Tuan A tiba-tiba meninggal dunia sekarang, tanah miliknya akan bernilai Rp.5.400.000.000,00 dikurangi Pajak Warisan. Pajak Warisan saat dikenakan dapat mengurangi puluhan persen dari harta Anda. Persisnya berbeda-beda di tiap negara dan tidak mustahil mencapai 40%. Membaca ini saja Anda akan melotot, bagaimana harta yang susah-susah dikumpulkan akan menguap sebanyak itu untuk pajak! Petugas Pajak dapat pulang membawa uang senilai Rp.675.000.000,00. Kadang inilah yang mambuka peluang terjadinya kriminalitas pemalsuan data kekayaan! Ini akan beda jika Anda mau sedikit bersusah payah meminta polis asuransi jiwa Anda “Ditulis dalam Trust”.

Sekarang mari kita asumsikan persis angka yang sama kecuali bahwa dalam hal ini polis asuransi jiwa “Ditulis dalam Trust” dengan anak-anak Tuan A sebagai penerima manfaat yang sama. Karena perusahaan asuransi jiwa membayar secara langsung ke anak-anaknya, mereka masing-masing menerima sekitar Rp.675.000.000,00 langsung dan tak ada uang termasuk dalam tanah Tuan A. Ini berarti bahwa tanah miliknya sekarang bernilai Rp.4.050.000.000,00 dan petugas pajak hanya dapat  berlenggang pulang membawa uang senilai Rp.135.000.000,00. Masing-masing anaknya menerima sekitar Rp.270.000.000,00 dan bebas pajak!

Jadi, hanya dengan menandatangani beberapa formulir, Tuan A menghemat  pajak Rp.540.000.000,00!
Apakah ada menangkap ide ini? Semua dokumentasi adalah standar dan disediakan benar-benar secara gratis oleh perusahaan asuransi jiwa. Broker Anda melalui siapa Anda membeli polis, harus melengkapi dokumentasi untuk Anda, sekali lagi gratis. Yang harus Anda lakukan adalah memberikan rincian penerima manfaat kepada broker dan menandatangani formulir tersebut. Pengacara tidak diperlukan. Dalam hal klaim, maka perusahaan asuransi jiwa harus membayar langsung kepada penerima manfaat. Selesai perkara! Maaf ya Pak Pemungut Pajak, yang dicecerin cuma dikit! Nanti kapan-kapan lagi aja ya kalau sempat bangkit dari mati wkwkwk.

Nah bahkan jika polis Anda dirancang untuk membayar hipotek, polis tersebut harus “Ditulis dalam Trust” untuk pasangan Anda. Kemudian, daripada pihak properti menerima uang dan menggunakannya untuk melunasi hipotek, uang dapat dibayarkan langsung ke pasangan Anda. Ini menghemat penundaan perizinan, biaya pengacara dan hakim dan banyak kerumitan lain. Pasangan Anda kemudian dapat menggunakan uang itu untuk melunasi hipotek pribadi. Apakah ini juga menghemat pajak ahli waris akan tergantung pada nilai properti Anda.

Jadi, kita percaya bahwa polis asuransi jiwa yang “Ditulis dalam Trust” berada dalam situasi win-win. Dan masih tidak banyak orang yang menggunakannya dewasa ini.  Oleh karena itu kita tidak melihat kelemahannya.

Incoming search terms:

Program Referral
Keuntungan yang Anda akan Peroleh!

* Penghasilan Tanpa Batas
* Bonus Komisi Yang Dibagikan Setiap Bulan
* Jam Kerja Yang Fleksibel
* Dapat Dilakukan Secara Online Maupun Offline
* Anda Akan Mendapat Pelatihan Yang Komprehensif
* Anda Akan Mendapatkan Pengarahan Konsultasi
* Penghasilan anda; Komisi, Bonus Bounty