Harga Kontrak Emas Dunia Mengalami Penurunan

By on June 18, 2013 | Artikel ini Sudah di baca 2,180 kali
Emas

Harga Kontrak Emas Dunia Mengalami Penurunan

Tadi malam (17/6) di New York, harga kontrak emas dunia mencatatkan penurunan. Mengutip situs Bloomberg, pada pukul 13.41 waktu New York, harga kontrak emas untuk pengantaran Agustus turun 0,3% menjadi US$ 1.383,10 per troy ounce di Comex, New York. Dengan demikian, sepanjang tahun ini, harga emas sudah anjlok 17%.

Penurunan harga emas terjadi sebelum the Federal Reserve memulai rapat pertemuan dua harinya, yang dimulai pada hari ini (18/6). Sepertinya, investor berspekulasi, bank sentral AS tersebut akan mengurangi nilai pembelian obligasinya secara bertahap seiring data ekonomi AS yang membaik.

“Pasar akan terus mencari kejelasan informasi mengenai pemangkasan nilai stimulus dan kapan waktunya,” jelas Steve Scacalossi, vice president TD Securities Inc.

Sentimen lain yang mempengaruhi harga si kuning mentereng ini adalah penurunan kepemilikan emas pada produk ETF ke level terendah sejak Maret 2011 lalu. “Kepemilikan emas pada ETF terus menurun karena investor beralih ke pasar finansial lainnya,” imbuh Scacalossi.

Asal tahu saja, kepemilikan pada aset ETF sudah melorot dalam 18 pekan terakhir menjadi 2.116,83 metrik ton.

Sumber: Bloomberg (Barratut Taqiyyah, Kontan)