Harga Emas Rebound Setelah Tadi Pagi Mengalami Penurunan

By on June 5, 2013 | Artikel ini Sudah di baca 1,880 kali

Harga Emas Rebound Setelah Tadi Pagi Mengalami Penurunan

Harga kontrak emas dunia rebound dan diperdagangkan di atas level US$ 1.400 per troy ounce. Data yang dihimpun Bloomberg menunjukkan, pagi tadi, harga kontrak emas di pasar spot naik sebesar 0,6% menjadi US$ 1.408,20 per troy ounce. Pada pukul 11.14 waktu Singapura, kontrak yang sama diperdagangkan di posisi US$ 1.407,30 per troy ounce.

Sementara itu, harga kontrak emas untuk pengantaran Agustus naik 0,6% menjadi US$ 1.406 per troy ounce di Comex, New York.

Lonjakan harga emas terjadi setelah pasar saham mengalami penurunan pagi ini. Selain itu, reli dollar AS terhadap sejumlah mata uang dunia terhenti. Dua faktor tersebut meningkatkan permintaan emas sebagai lindung nilai.

“Penurunan pasar saham sepertinya mengangkat harga emas. Performa dollar menahan emas di range yang cukup ketat. Satu lagi faktor yang dapat mempengaruhi emas adalah arus dana yang keluar dari ETF,” papar Huang Fulong, analis CITICS Futures Co. Catatan saja, harga emas sudah merosot 16% di sepanjang tahun ini. Salah satu pemicunya, investor menjual emas dari exchange traded products. Di sisi lain, indeks MSCI All-Country World reli 8%.  (Barratut Taqiyyah, Kontan)