Harga Emas Mulai Terdorong Ke Atas

By on January 16, 2018 | Artikel ini Sudah di baca 423 kali

Harga emas naik pada sesi ketiga berturut-turut dengan mencapai level tertinggi baru empat bulan setelah pertemuan Bank Sentral Eropa bernada hawkish sehingga mendorong euro ke level tertinggi multi tahun terhadap dolar.

Harga emas naik 1,19% pada $ 1,338.30 setelah sempat naik ke $ 1,340.00. Pada minggu ini, logam emas menguat 0,95% dan berada dalam kenaikan mingguan kelima berturut-turut.

Euro menguat ke posisi tertinggi tiga tahun terhadap dolar pada hari Jumat karena mata uang tunggal terdorong oleh spekulasi Bank Sentral Eropa akan mulai mengurangi program stimulus moneternya pada tahun ini. Euro menguat dan membebani dolar dan mengirimkan indeks dolar AS turun 1,13% menjadi 90,62, tingkat terendah sejak Januari 2015.

Komoditas yang berdenominasi dolar seperti emas terlihat menjadi lebih murah bagi pembeli di luar negeri ketika mata uang AS melemah.

[Baca juga : Mengapa Nilai Emas Tahan Inflasi ]

Emas menguat setelah sebuah data menunjukkan bahwa harga konsumen AS naik pada bulan Desember. Data tersebut tampaknya tidak mungkin mengubah rencana Federal Reserve untuk menaikan suku bunga sebanyak tiga kali pada tahun ini.

Emas berjuang untuk bersaing dengan aset yang berimbal hasil seperti Treasuries karena biaya pinjaman meningkat.