Harga Emas Masih Merosot Menanti Langkah The Fed

By on July 30, 2013 | Artikel ini Sudah di baca 2,391 kali
Investasi Emas

Harga Emas Masih Merosot Menanti Langkah The Fed

Investasi Emas – Harga emas global merosot setelah tiga pekan mengalami kenaikan karena investor menunggu langkah the Fed untuk memfinalisasi nasib stimulus ekonomi.

Alhasil, nilai emas jenis spot turun 0,3 persen menjadi USD1.328,86 per ons, setelah naik 3 persen pekan lalu. Sementara emas berjangka Amerika Serikat (AS), Comex Gold, naik hampir USD8 menjadi USD1.329 per ons.

Melansir Reuters, Senin (29/7/2013), emas telah kehilangan seperlima dari nilainya tahun ini, karena adanya tanda-tanda pemulihan ekonomi di AS. Hal ini disinyalir akan membuat the Fed menarik stimulus USD85 miliar per bulannya, yang digunakan untuk pembelian obligasi.

Namun, data-data ekonomi yang mengecewakan, mensinyalkan ekonomi di AS belum cukup kuat untuk bertumbuh seperti yang diharapkan. Inilah yang telah mendorong emas selama tiga minggu berturut-turut.

Meskipun emas jenis spot naik 3 persen pekan lalu, namun penurunan juga terjadi karena sinyal bearish, yang menunjukkan logam mulia mungkin akan mencapai posisi terendah tiga tahunan.

Hedge dana dan manajer uang mengangkat taruhan bullish mereka dalam emas berjangka, didorong oleh spekulasi Federal Reserve akan mempertahankan suku bunga rendah lebih lama.

(Martin Bagya Kertiyasa, Okezone)