Harga Emas Dunia Stabil Seiring Langkah Wait and See Investor

By on June 17, 2013 | Artikel ini Sudah di baca 2,814 kali
Emas

Harga Emas Dunia Stabil Seiring Langkah Wait and See Investor

Harga kontrak emas dunia ditransaksikan tidak banyak berubah posisi menjelang siang hari ini (17/6). Mengutip data Bloomberg, pada pukul 12.15 waktu Singapura, harga emas di pasar spot diperdagangkan di posisi US$ 1.391,65 per troy ounce dari posisi penutupan akhir pekan di level US$ 1.390,74 per troy ounce.

Sementara itu, harga kontrak emas untuk pengantaran Agustus naik 0,2% menjadi US$ 1.390,80 per troy ounce di Comex, New York.

Pergerakan harga emas kali ini dipengaruhi oleh aksi wait and see investor terhadap rapat the Federal Reserve yang akan berlangsung dua hari mulai besok (18/6). Pelaku pasar memprediksi, bank sentral AS itu akan mengurangi jumlah penggelontoran stimulusnya.

“Pelaku pasar sepertinya belum akan melakukan langkah besar sebelum pertemuan the Fed karena mereka ingin mengetahui terlebih dulu petunjuk apa yang akan dilakukan the Fed terkait stimulys,” jelas Sun Yonggang, macroeconomic strategist Everbright Futures Co.

Catatan saja, harga emas sudah merosot 17% di sepanjang tahun ini. Pada April 2013 lalu, harga emas masuk ke pasar bearish karena hilangnya kepercayaan investor terhadap emas sebagai haven. (Barratut Taqiyyah, Kontan)