Harga Emas Berjangka Melemah Meskipun Kuatnya Permintaan Fisik

By on May 29, 2013 | Artikel ini Sudah di baca 2,438 kali
Emas Berjangka

Harga Emas Berjangka Melemah Meskipun Kuatnya Permintaan Fisik

Pada penutupan perdagangan dini hari tadi harga emas berjangka maupun LLG tampak mengalami penurunan lagi, meskipun sedikit naik dari level terendah yang sempat dicapai pada sesi perdagangan tersebut (29/05). Kuatnya aksi beli emas fisik pada hari ini membantu mengurangi penurunan harga yang terjadi di awal sesi perdagangan yang disebabkan oleh menguatnya dollar dan aksi jual teknikal, akan tetapi harga emas masih belum bisa kembali sepenuhnya karena masih ada tekanan jual yang menghambat penguatan.

Harga emas berjangka tampak mengalami kenaikan sejak awal sesi, sementara harga emas spot LLG masih melemah setelah gagal menguat naik melampaui level teknikalnya, di atas level MA 14 hari, di mana aksi jual terpicu.

Harga emas mengalami penurunan sebesar 1.5 persen di awal sesi di tengah kekhawatiran mengenai terus turunnya kepemilikan dalam ETF berbasis emas. Sementara itu bursa saham mengalami rally yang didorong oleh optimisme terhadap ekonomi, sehingga permintaan terhadap aset safe haven seperti emas terkalahkan oleh permintaan terhadap aset yang lebih bernilai yaitu saham.

Harga emas spot tampak mengalami penurunan sebesar 0.9 persen dan ditutup pada posisi 1380 dollar per troy ons hari ini. Harga sempat melemah hingga ke level 1374.28 dollar sebelumnya. Sedangkan harga emas berjangka tampak mengalami penurunan sebesar 7.7 dollar dan ditutup pada posisi 1378.90 dollar per troy ons. (Ika Akbarwati, Vibiznews)