Hambatan Dalam Investasi Properti

By on August 25, 2015 | Artikel ini Sudah di baca 330 kali

Investasi Properti – Dalam menjalankan segala macam bisnis pasti ada hambatannya, begitu juga hambatan dalam investasi properti ini. Investor yang sukses mempunyai caranya tersendiri untuk mengatasi segala macam hambatan ini. Berikut hambatan yang terdapat dalam investasi properti ini:

1. Hambatan yang paling sering menganggu bisnis dalam properti ini adalah perpajakan. Perpajakan ini akan mengganggu minat orang untuk membeli properti ini. Jika pajak akan bangunan semakin maka akan semakin sedikit masyarakat yang tertarik untuk membeli properti. Hal ini biasanya terjadi pada konsumen yang berada di level menengah ke atas. Pembeli tipe ini biasanya tidak membeli properti karena butuh tetapi karena ingin menginvestasikan uangnya dalam bidang properti ini.
2. Hambatan lainnya adalah kondisi politik dan ekonomi di suatu negara. Jika anda berada di suatu negara yang kondisi politik dan ekonominya sedang bergejolak maka ini akan berdampak dengan minat masyarakat untuk membeli properti. Masyarakat pasti akan menunda untuk membeli properti ini sampai kondisi politik dan ekonomi dalam suatu negara tersebut membaik.
3. Ada beberapa daerah yang sedang mengalami kelonjakan harga pasar. Biasanya masyarakat cenderung tidak berminat untuk membeli properti jika suatu wilayah tersebut sedang menghadapi koreksi harga pasar. Harga properti yang terlalu tinggi membuat masyarakat enggan untuk membeli properti baik itu karena kebutuhan atau untuk investasi.
4. Hambatan lainnya adalah proyek-proyek yang salah sasaran. Ada banyak proyek yang gagal di pasarkan di masyarakat meskipun masyarakat banyak membutuhkan perumahan ini. Alasan utama proyek tersebut gagal adalah karena pemilihan lokasi yang salah dari perumahan atau properti tersebut. Biasanya perumahan yang dibangun yang jauh dari akses kota membuat masyarakat enggan untuk membeli properti tersebut meskipun dijual dengan harga yang terjangkay atau relatif murah. Anda sebaiknya melakukan survey lokasi terlebih dahulu sebelum memulai bekerja sama dengan developer perumahan.

Tips Aman Melakukan Investasi Properti

Berikut tips aman melakukan investasi properti:
1. Sebelum anda memutuskan untuk melakukan investasi properti ini maka anda sebaiknya mempelajari terlebih dahulu mengenai investasi ini. Anda juga bisa mengecek segala macam dokumen dari developer atau penjual rumah tersebut sehingga anda bisa melakukan investasi properti ini dengan aman.
2. Sebaiknya anda mengajak orang yang berpengalaman dalam melakukan transaksi jual beli ini. Hal ini dikarenakan banyak orang yang tidak mengetahui segala macam syarat yang harus dipenuhi dalam melakukan jual beli properti ini.
3. Jika anda melakukan serah terima properti tersebut maka sebaiknya anda mengecek segala fasilitas yang dijanjikan sebelumnya. Anda bisa melihat spesifikasi properti tersebut mulai dari ukuran rumah, bahan pembuat rumah, lokasi dan sebagainya. Jika ada hal yang berbeda dengan yang dijanjikan maka anda bisa membatalkan serah terima tersebut.

Hindari Kesalahan Dalam Menjual Properti

Berikut kesalahan yang harus anda hindari dalam menjual properti:
1. Kesalahan paling umum adalah anda menawarkan properti tersebut terlalu tinggi. Sebelum anda menentukan harga maka sebaiknya anda melakukan survey terlebih dahulu untuk menentukan harga yang sesuai dengan properti yang anda tawarkan. Jika anda menawarkan harga yang terlalu tinggi maka ini akan membuat orang mundur dan tidak jadi membeli properti anda.
2. Menyembunyikan kerusakan rumah juga menjadi kesalahan yang harus anda hindari. Anda sebaiknya terbuka dan jujur dengan calon pembeli properti ini. Biasanya pembeli akan mengecek rumah secara keseluruhan, jadi jika anda tidak memberitahu sejak awal mengenai kerusakan ini maka akan membuat pembeli menjadi tidak percaya dengan anda.

Dengan menghindari kesalahan ini maka anda bisa terhindar dari hambatan dalam investasi properti.